Kram Perut Setelah Menahan Kencing Pertanda Gejala Infeksi?

Kram Perut Setelah Menahan Kencing Pertanda Gejala Infeksi?

5
0
BAGIKAN

Pernahkah Anda berada di awkward situation, yang mana Anda mendadak merasakan keinginan buang air kecil di tengah-tengah rapat penting? Mau ijin keluar sejenak untuk buang air kecil mungkin terkesan memalukan, sehingga jadilah Anda menahan keinginan untuk buang air kecil sebisa mungkin.

Dan beberapa saat setelah Anda menahan keinginan buang air kecil tersebut, Anda merasakan sakit kram perut yang melanda di perut bagian bawah. Rasanya sudah pasti tidak nyaman ya, Ladies? Tapi sebenarnya apakah yang terjadi dengan tubuh Anda? Dan apa rasa sakit itu menandakan ada hal yang salah yang tengah terjadi di dalam tubuh?

Besar kemungkinan dugaan Anda benar, Vems. Salah satu dugaan yang most likely menimpa Anda adalah ISK atau infeksi saluran kemih. Infeksi Saluran Kemih adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat terjadinya infeksi di organ pembuangan di dalam sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra.

Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa macam hal, Ladies. Salah satunya adalah akibat kebiasaan sering menahan keinginan buang air kecil sehingga zat racun dan bakteri yang ada di dalam air urine tersebut akan menginfeksi organ ginjal atau uretra.

.3112 Kram Perut Setelah Menahan Kencing Pertanda Gejala Infeksi- (A)

Selain itu, kondisi medis seperti batu ginjal juga berpotensi mengakibatkan infeksi saluran kencing. Masalah kebersihan juga tak kalah berpengaruhnya. Misalnya jika Anda membasuh organ kelamin dengan cara yang salah (membilas dari belakang ke depan) bisa mengakibatkan bakteri yang ada di anus berpindah dan menginfeksi saluran kencing Anda. Ditambah lagi, saluran kencing wanita memang lebih pendek dibandingkan dengan pria. Jadi resiko kita untuk terserang Infeksi Saluran Kemih cenderung lebih besar. Wah, harus lebih berhati-hati nih, Vems.

Rasa sakit atau sensasi tertekan pada area perut bagian bawah adalah salah satu gejala umum dari infeksi saluran kemih. Dan tidak jarang diikuti dengan demam tinggi.  Penderita ISK juga mengalami peningkatan frekuensi ingin buang air kecil namun volume urine yang dikeluarkan sangat sedikit. Selain itu Anda juga akan merasakan rasa sakit atau bahkan sensasi burning di organ vital ketika Anda buang air kecil.

.3112 Kram Perut Setelah Menahan Kencing Pertanda Gejala Infeksi- (B)

ISK juga bisa dilihat dari warna urine. Urine dari penderita ISK memiliki warna keruh dan memiliki bau tajam yang tidak sedap. Tidak jarang ada sedikit darah yang bercampur di dalam urine. Segeralah memeriksakan diri jika Anda mendapati gejala-gejala di atas ya!

Dan memang, pencegahan memang lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah terjadinya ISK, Vemine sarankan jangan memiliki kebiasaan menahan keinginan buang air kecil. Selain itu perbanyak minum cairan dan jangan lupa untuk membilas organ kelamin Anda dengan benar, yaitu dengan membasuh dari arah depan ke belakang. Semoga informasi dari Vemine di atas bermanfaat untuk Anda!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR