Pertanyaan Anda Seputar Menstruasi Semuanya Ada di Sini

Pertanyaan Anda Seputar Menstruasi Semuanya Ada di Sini

20
0
BAGIKAN

Ladies saat ini pasti sudah mengetahui paling tidak pengetahuan inti tentang siklus menstruasi yang Anda alami tiap bulan. Anda pasti sudah mengetahui bahwa terjadinya menstruasi adalah suatu hal yang normal dan merupakan pertanda bahwa Anda tidak sedang mengandung. Ladies pun pasti sudah mengerti penyebab dari kram menstruasi yang tak jarang membuat Anda merasa tak nyaman di hari-hari pertama siklus menstruasi.

Di luar itupun pasti Vems masih menyimpan segudang pertanyaan lain seputar menstruasi. We’ve got you covered! Berikut ini adalah ulasan singkat yang akan menjawab semua pertanyaan Anda seputar Miss Period.

  • “Kenapa Siklus Menstruasi Saya Tidak Teratur?”

Di setiap buku yang mengulas menstruasi, hampir semuanya menyebutkan bahwa siklus menstruasi umumnya terjadi setiap 28 hari. Kenyataannya, siklus menstruasi bisa terjadi setiap 21 hingga 36 hari. Masing-masing perempuan memiliki siklus menstruasi yang berbeda, siklus menstruasi juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon akibat stres.

Tapi jika siklus menstruasi Anda tidak kunjung datang hingga jangka waktu 35 hari, bisa jadi Ladies mengalami masalah yang bersangkutan dengan kalenjar tiroid atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

  • “Pola Buang Air Besar Saya Berubah Sebelum dan Selama Menstruasi. Apa Yang Terjadi?”

Pernah mengalami gejala konstipasi selama PMS dan semakin sering buang air besar selama menstruasi? Tenang saja Vems, itu adalah hal yang normal kok. Saat Anda mulai mendekati siklus menstruasi tubuh Anda akan mengalami peningkatan hormon progesteron, yang apparently memperlambat pergerakan dari sistem pencernaan Anda. Jadilah Ladies mengalami konstipasi.

.3895 Pertanyaan Anda Seputar Menstruasi Semuanya Ada di Sini (A) (2)

Sebaliknya, saat Anda mulai menstruasi tubuh Anda akan merilis zat protaglandin yang memicu rahim untuk melakukan kontraksi. Tak hanya mengakibatkan kram, munculnya senyawa zat prostaglandin tersebut juga menyebabkan Anda buang air besar jauh lebih sering daripada biasanya.

  • “Kenapa Saya Jadi Lebih Gampang Merasa Lapar Saat PMS?”

Merasa familiar? Selama PMS entah mengapa Anda jadi lebih mudah merasa lapar dan nafsu makan Anda pun melonjak naik. Semuanya disebabkan oleh adanya peningkatan hormon progesteron dalam tubuh. Ya, hormon progesteron tak hanya membuat Ladies mengalami konstipasi tapi juga memicu produksi hormon-hormon lainnya. Salah satunya adalah hormon ghrelin yang berfungsi untuk memicu munculnya rasa lapar.

  • “Kenapa Kram Menstruasi Membuat Saya Mual?”

Kebanyakan perempuan memang mengalami kram perut selama menstruasi, tapi mungkin hanya beberapa saja yang pernah merasakan mual saat menstrual cramps Anda mulai muncul. Rasa mual yang menyertai kram menstruasi tersebut ternyata disebabkan oleh pergolakan hormon di dalam tubuh Anda, dan umumnya hanya akan terjadi pada Anda yang sensitif terhadap perubahan hormon dalam tubuh.

Hal tersebut sangat normal dan umumnya rasa mual tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda tak lagi mengalami kram. Tapi jika Anda mengalami nausea hingga muntah-muntah, maka bisa jadi itu merupakan pertanda dari endometriosis.

Terjawabkah pertanyaan-pertanyaan Anda, Vems?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR