Apa Kata Menstruasi Ladies Terhadap Kesehatan Tubuh Anda?

Apa Kata Menstruasi Ladies Terhadap Kesehatan Tubuh Anda?

25
0
BAGIKAN

Bergantung dari mekanisme tubuh Anda, siklus menstruasi yang Anda alami tiap bulannya bisa menjadi hal yang merepotkan. Setiap bulan Ladies harus berhadapan dengan mood swings saat PMS yang disusul dengan kram perut dan sakit pinggang saat tamu bulanan Anda datang. Menstruasi adalah mekanisme alami organ reproduksi Anda untuk membersihkan rahim dari jaringan endometrium yang terbentuk setiap kali Anda memasuki masa subur.

Selain itu, ternyata warna hingga gejala menstruasi yang biasa Vems alami ternyata bisa membantu mendeteksi kesehatan organ-organ tubuh Anda yang lain. Yuk lebih teliti mengamati gejala menstruasi berikut ini.

  • Warna Darah Menstruasi Merah Cerah

Jika Anda mengalami pendarahan menstruasi dengan warna merah cerah, Ladies tak perlu panik. Itu adalah warna darah menstruasi yang normal muncul terutama saat 2-3 hari pertama dari siklus menstruasi Anda. Biasanya warna darah ini juga akan disertai dengan menstruation flow yang cukup deras.

Tapi, keluarnya darah berwarna merah segar dari vagina Anda juga bisa menjadi gejala selain menstruasi. Apabila pendarahan tersebut terjadi sebelum siklus menstruasi Anda dimulai, maka bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea, terutama jika disertai dengan rasa sakit yang tak tertahankan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter obygn Anda.

.3894 Apa Kata Menstruasi Ladies Terhadap Kesehatan Tubuh Anda (A)

  • Warna Darah Menstruasi Coklat atau Hitam

Banyak dari Anda yang pastinya langsung freak out begitu melihat darah menstruasi Anda berwarna selain merah, contohnya warna coklat atau hitam. Untungnya, itu bukan pertanda buruk, warna darah yang berwarna gelap sebenarnya menandakan bahwa darah tersebut mengalami oksidasi karena berada di dalam uterus dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasanya darah berwarna coklat atau hitam tersebut muncul saat hari-hari mendekati akhir siklus menstruasi.

Penyebab lain munculnya darah berwarna coklat bisa juga disebabkan oleh pemasangan kontrasepsi IUD, terutama IUD progesteron. IUD mempengaruhi perontokan jaringan uterus menjadi lebih sedikit tiap bulannya. Sehingga, darah menstruasi pun berada di dalam uterus lebih lama dan teroksidasi.

  • Munculnya Gumpalan Darah

Di hari tertentu dalam siklus menstruasi Anda, Ladies akan menemukan gumpalan-gumpalan darah keluar dari vagina. Kalau Anda bertanya-tanya apakah hal tersebut adalah normal, jawabannya adalah ya! Gumpalan darah menstruasi terjadi saat aliran darah menstruasi jauh lebih besar dibandingkan dengan kemampuan tubuh memproduksi anti-koagulan atau zat pengencer darah.

Akibatnya terbentuklah gumpalan-gumpalan darah tersebut. Gumpalan darah umumnya terdiri dari darah, lendir, dan jaringan endometrium yang luruh dari dinding rahim. Gumpalan darah tersebut umumnya hanya muncul di hari-hari saat Anda mengalami siklus menstruasi dengan aliran darah yang deras. Jika ukuran gumpalan darah tersebut lebih besar dari ¼, maka ada baiknya Vems berkonsultasi dengan dokter.

Semoga informasi di atas membantu menjawab pertanyaan Anda seputar gejala-gejala menstruasi yang biasa Ladies alami.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR