Awas! Konsumsi Painkillers Saat Menstruasi Bisa Berbahaya

Awas! Konsumsi Painkillers Saat Menstruasi Bisa Berbahaya

19
0
BAGIKAN

Salah satu hal yang paling “gak banget” tapi suka-tak-suka harus dirasakan oleh hampir semua perempuan yang mengalami menstruasi adalah menstrual cramps. Kram menstruasi merupakan rasa kram atau nyeri pada perut akibat dari kontraksi rahim untuk meluruhkan lapisan endometrium. Tiap-tiap dari Anda memiliki skala rasa sakit yang berbeda-beda, dan bagi Anda yang mengalami sakit kram yang cukup payah biasanya Anda akan langsung mengkonsumsi pil painkillers untuk mengatasi rasa sakit.

Obat painkillers memang sangat gampang untuk didapatkan. Anda juga tidak memerlukan resep obat dari dokter, cukup dengan modal uang beberapa puluh ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan pil tersebut dari apotik. Tapi sadarkah Anda bahwa semakin mudah obat tersebut diperoleh akan semakin besar pula resiko obat tersebut merusak sistem organ tubuh Anda?

Contohnya adalah Ladies yang langganan mengkonsumsi obat jenis Acetamoniphen atau Tylenol untuk meredakan rasa sakit. Acetaminophen merupakan obat painkiller yang paling digemari karena tidak menimbulkan efek sakit perut dibandingkan dengan obat jenis yang sama. Acetamoniphen bekerja dengan menarget syaraf yang berperan untuk memproses temperatur tubuh dan rasa sakit. Namun obat painkiller ini memiliki efek yang lebih lemah sehingga seringkali Anda mengkonsumsi obat ini dalam jumlah yang besar.

.3560 Awas! Konsumsi Painkillers Saat Menstruasi Bisa Berbahaya (A)

Padahal konsumsi obat Acetamoniphen yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada organ hati lho, Vems. Apalagi jika Anda gemar mengkonsumsi minuman beralkohol, organ hati Anda jadi harus bekerja dua kali lebih keras untuk menyaring racun sehingga berpotensi mengakibatkan kerusakan organ hati yang tidak dapat disembuhkan. Selalu ikuti dosis penggunaan, jangan pernah mengkonsumsi Acetaminophen lebih dari 2 pil dalam jangka waktu 6 jam, dan tidak lebih dari 6 pil dalam sehari.

.3560 Awas! Konsumsi Painkillers Saat Menstruasi Bisa Berbahaya (B)

Jika Anda tidak memiliki perut yang sensitif, Vems bisa mengkonsumsi jenis obat painkillers yang lain. Your best bet adalah ibuprofen, yang dapat membantu meredakan kram menstruasi dengan lebih efisien dibandingkan acetamoniphen maupun aspirin. Berhati-hatilah untuk tidak mengkonsumsi obat tersebut melebihi dosis karena dapat berdampak negatif pada ginjal Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan terlebih dulu untuk mencegah sakit perut.

.3560 Awas! Konsumsi Painkillers Saat Menstruasi Bisa Berbahaya (C)

Ladies juga bisa memilih obat Naproxen. Obat painkiller ini dapat membantu melegakan rasa sakit dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun konsumsi obat yang terlalu berlebihan dapat berdampak negatif pada lambung dan mengakibatkan maag.

Lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat painkillers yuk.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR