Cara Simple Tapi Ampuh Atasi Sunburn

Cara Simple Tapi Ampuh Atasi Sunburn

10
0
BAGIKAN

Berwisata ke pantai memang sangat menyenangkan, seringkali Anda akan lupa waktu saat tengah bermain-main di bawah terik sinar matahari. Jadilah Anda terkena sunburn. Sunburn seringkali ditandai dengan sensasi panas membakar dan perih pada kulit Anda yang bisa bertahan hingga 48 jam. Bahkan tak jarang gejala tersebut juga disertai oleh gejala lainnya, seperti dehidrasi, kerusakan kulit akibat radiasi UV dan demam. Yang lebih gawat lagi, semakin sering Anda terkena sunburn semakin meningkat pula resiko Anda menderita kanker kulit melanoma. Fakta tersebut diungkap oleh Shari Lipner, MD, yaitu seorang certified dermatologist sekaligus anggota dari Akademi Dermatologi Amerika Serikat.

Penggunaan sunscreen hanya mampu membantu mengurangi resiko Anda terkena sunburn selama separuh persen. Namun begitu Anda terkena sunburn, pengaplikasian sunscreen tak akan membantu meredakan gejala tersebut. Pertolongan pertama sangatlah menentukan seberapa cepat kulit Anda pulih dari sunburn. Pastikan bahwa Anda melakukan hal berikut beberapa detik setelah Anda terkena sunburn:

  • Segera Cari Tempat untuk Berteduh

Sedetik begitu Anda merasakan kulit Anda serasa terbakar, segeralah menghindar dari area pantai dan carilah tempat untuk berlindung. Jangan mencoba melarikan diri dengan berenang di laut atau di dalam kolam renang. Karena sama seperti pasir, air laut dan zat klorin dapat semakin memicu terjadinya iritasi pada kulit dan memperparah kondisi kulit Anda.

Jika Anda tidak menemukan tempat berteduh dari pantai, maka paling tidak kenakanlah sunscreen dengan SPF 30 pada seluruh area tubuh Anda (terutama area tubuh yang terkena sunburn). Untuk melindungi area wajah, kenakanlah topi lebar atau berlindunglah di bawah payung pantai.

.3842 Cara Simple Tapi Ampuh Atasi Sunburn (A)

  • Basuh Tubuh dengan Air Dingin

Cara kedua adalah dengan membasuh sekujur tubuh Anda dengan air dingin untuk membantu meredakan peradangan kulit yang terjadi. Hindari sabun dengan aroma pewangi karena zat pewangi dalam sabun tersebut bersifat irritant yang dapat membuat iritasi kulit Anda semakin parah. Instead, aplikasikan sabun berbahankan dasar produk alami seperti sabun oatmeal atau soy-based.

  • Aplikasikan Krim Pelembap

Untuk membantu kulit yang terkena sunburn mendapatkan kembali kelembapannya, aplikasikan lotion dengan kandungan moisturizer pada kulit Anda secara merata. Krim moisturizer tersebut tak hanya membantu mempercepat pemulihan sel-sel kulit yang rusak, kulit Anda pun akan lebih terjaga dari ancaman infeksi dan iritasi.

Yang paling terpenting, tingkatkan konsumsi air, apalagi jika Anda mengalami gejala dehidrasi. Ingat, rusaknya sel-sel kulit akibat sunburn juga dapat mengakibatkan cadangan cairan di dalam tubuh menguap dan mengakibatkan Anda terkena dehidrasi. Selama pemulihan, jangan mengkonsumsi minuman selain air putih. Minuman berkafein dan minuman beralkohol malah dapat mengakibatkan dehidrasi anda semakin parah!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR