Yang (Tidak) Boleh Dikatakan Pada Penderita Depresi

Yang (Tidak) Boleh Dikatakan Pada Penderita Depresi

17
0
BAGIKAN

Jika bisa memilih, semua orang tentu ingin memiliki kondisi mental yang senantiasa stabil sehingga mereka dapat beraktivitas dan berinteraksi sebagaimana seharusnya. Tapi bagi penderita depresi, terutama yang sudah sampai ke tahap suicidal, hal tersebut hanya ada di angan-angan. Mereka yang menderita suicidal depression memiliki kondisi mental dan fungsi otak yang berbeda dari kebanyakan orang sehingga mengakibatkan mereka sering merasa worthless dan satu-satunya cara untuk mengakhiri rasa sakit yang mereka derita adalah dengan mengakhiri hidup.

Sayangnya kesadaran akan mental health di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat heran. Tak heran jika alih-alih merengkuh tangan mereka yang membutuhkan, kebanyakan orang cenderung menyalahkan atau malah mengolok-olok mereka yang tengah menderita depresi hingga suicidal. Berhati-hatilah, Vems. Apa yang Anda katakan bisa menjadi trigger bagi mereka untuk mengakhiri hidup atau justru dapat membantu mereka melalui episode terburuk dalam hidup mereka. Jaga lisan kita dari ucapan berikut ini saat berbicara dengan seseorang yang suicidal yuk.

  • “Berhenti Bertingkah Sebagai Korban!”

As a matter of fact, orang-orang yang mengalami depresi dan suicidal memang menjadi korban dari penyakit mental yang tengah mereka derita. Tidaklah bijak rasanya menuding bahwa mereka bertingkah sebagai seorang korban saat sesungguhnya mereka sudah berusaha untuk mencari bantuan. Apakah Anda akan mengatakan hal yang sama pada penderita kanker? Semoga tidak. Hal yang sama juga sebaiknya tidak Anda lontarkan kepada penderita depresi dan suicidal.

  • “Kamu Hanya Bercanda. Kalau Kamu Serius, Kamu Pasti Sudah Melakukannya”

Cernalah kalimat Anda seratus kali sebelum Anda melontarkan perkataan yang senada dengan ucapan di atas.Tidak ada orang yang melakukan bunuh diri secara spontan, mereka umumnya akan mengucapkan niatnya tersebut kepada orang-orang terdekat. Apa yang menurut Anda hanya sebatas ucapan main-main, bisa jadi sebenarnya cries of help dari penderita depresi.

.3835 Yang (Tidak) Boleh Dikatakan Pada Penderita Depresi (A)

Mengganggap bahwa dia berbohong karena dia tidak benar-benar melakukan bunuh diri justru dapat memicu dia untuk benar-benar melakukannya. Yang harus Anda lakukan adalah membantunya menyingkirkan suicidal thoughts, bukan malah mendorongnya untuk melakukan bunuh diri.

  • “Ada Banyak Orang dengan Cobaan yang Lebih Besar Dari Kamu. Harusnya Kamu Bersyukur”

Dari kacamata Anda mungkin memang benar bahwa orang dengan depresi tersebut memiliki kehidupan yang jauh lebih enak dibandingkan dengan pengemis atau anak jalanan. Tapi tiap orang punya ujian hidup dan kapasitasnya masing-masing. Bagaimana jika orang yang Anda anggap hidup enak namun tidak bersyukur tersebut ternyata menyimpan trauma akibat pelecehan seksual atau mengalami bullying di masa lalunya? Anda tak akan pernah tahu, alangkah baiknya untuk tidak menghakimi mereka. Karena percayalah, they are their best critic.

Tidak semua orang paham tentang depresi dan perasaan suicidal, karena memang kedua hal tersebut cukup kompleks. Tapi paling tidak, hal yang bisa Anda lakukan adalah jangan menghakimi mereka. Jika Anda adalah penderita depresi dan merasa suicidal saat ini, jangan ragu-ragu untuk mencari bantuan dari teman-teman atau keluarga terdekat Anda. You are not alone.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR