Ketahui Kapan Kritik Konstruktif Anda Dibutuhkan Atau Tidak

Ketahui Kapan Kritik Konstruktif Anda Dibutuhkan Atau Tidak

5
0
BAGIKAN

Sudah menjadi tugas bagi seorang manajer untuk memotivasi para pegawai di bawahnya untuk terus meningkatkan performa kerja mereka. Tak hanya memberikan pujian saat mereka membuat progress yang memuaskan, Anda juga wajib memberikan kritik konstruktif yang dapat membantu agar mereka dapat mengembangkan potensi di dalam diri. Tapi seorang manajer juga tahu benar bahwa timing dalam memberikan kritik tersebut sangatlah penting untuk mencegah terjadinya miskomunikasi. Nah, kapankah saat yang tepat untuk memberikan kritik konstruktif pada para pegawai? Simak tips-nya berikut ini yuk.

  • Berikan Kritik Konstruktif Saat: Anda Berdua Saja dengan Pegawai Tersebut

Saat akan memberikan kritik konstruktif, selalu pastikan bahwa Anda mengkondisikan one-one conversation dengan pegawai Anda. Kenapa tidak sekalian saja dilakukan saat rapat bersama dengan anggota yang lain? Simply karena pegawai akan langsung bersikap defensif atau justru menjadi minder karena rasa malu yang harus mereka tanggung di hadapan coworkers-nya. Se-konstruktif apapun kritik yang Anda berikan, kecil kemungkinan pegawai tersebut dapat menangkapnya.

Sedangkan dalam situasi one-on-one conversations, pegawai Anda akan lebih mendengarkan Anda. Mereka juga tak akan sungkan untuk melontarkan pertanyaan dan kemudian mengamalkan nasehat dan kritik dari Anda.

  • Jangan Berikan Kritik Jika Kritik Tersebut Hanya Bernuansa Negatif

Jika Anda merasa bahwa kebiasaan yang mereka lakukan selama bekerja sangat annoying namun Anda tak memiliki solusi untuk itu, ada baiknya Anda menyimpan kritik tersebut untuk diri Anda sendiri. Hanya melontarkan kritik negatif saja tidak akan dapat membantu mereka untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Kritik konstruktif adalah kritik yang juga disertai dengan alternatif solusi, bukan kritik yang membabi buta. Kritik bermuatan negatif hanya akan menurunkan performa kerja tim Anda, percayalah!

.3832 Ketahui Kapan Kritik Konstruktif Anda Dibutuhkan Atau Tidak (A)

  • Berikan Kritik Konstruktif Jika Mereka Berbuat Kesalahan yang Konsisten

Sekecil atau sesepele apapun kesalahan yang mereka buat, jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus maka Anda perlu segera bertindak. Bisa jadi si pegawai mengalami kesulitan atau bisa jadi mereka tidak menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan. Set things straight dengan mengadakan percakapan one-on-one dengan mereka. Jelaskan letak kesalahan mereka, dan jangan lupa untuk menawarkan solusi yang realistis dan doable bagi mereka.

  • Jangan Berikan Kritik Jika Mereka Hanya Melakukan Kesalahan Satu Kali

Bahkan pegawai berprestasi sekalipun pasti pernah melakukan kesalahan. Ketika hal tersebut terjadi, jangan lantas memanggil dan mengkritik mereka. Jika kesalahan tersebut hanya terjadi sekali atau dua kali, let it go. Besar kemungkinan mereka melakukannya secara tidak sengaja dan menegur mereka hanya akan membuat pegawai Anda merasa bersalah lebih dari seharusnya.

Yuk berlatih memberikan kritik konstruktif sesuai timing.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR