2 Hal Aneh yang BISA Terjadi Saat Anda Hamil

2 Hal Aneh yang BISA Terjadi Saat Anda Hamil

7
0
BAGIKAN

Buat sebagian besar perempuan, kehamilan adalah salah satu life experience yang paling mendebarkan dan memorable. Saat Anda hamil, Ladies akan mengalami berbagai macam perubahan pada tubuh Anda. Perut Anda akan membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan yang disertai dengan rasa nyeri dan pegal-pegal. Di usia awal kehamilan, banyak dari Anda yang akan mengalami mood swing hingga morning sickness. Itu semua adalah gejala kehamilan yang umum terjadi sehingga in most cases tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Tapi selain gejala kehamilan yang sudah Vemine sebutkan di atas, ternyata ada juga lho ibu hamil yang mengalami gejala minor yang sangat jarang disebutkan di artikel atau buku kehamilan manapun. Kebanyakan gejala ini adalah gejala minor sehingga seringkali terabaikan. Tapi kalau Anda concern, ada baiknya Anda mewaspadai gejala kehamilan berikut ini dan memeriksakan diri ke dokter kandungan.

  • Anda Akan Alami Gusi Berdarah

Beberapa bulan di awal kehamilan, Ladies mungkin akan mendapatkan kejutan yang kurang menyenangkan saat Anda menggosok gigi. Bisa jadi Anda akan freak out saat melihat darah segar pada air ludah atau busa pasta gigi Anda. Banyak orang menganggap bahwa itu dikarenakan jenis pasta gigi yang terlalu keras atau Anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Tak ada yang menduga bahwa itu bisa jadi berhubungan dengan kehamilan Anda. Untungnya bagi ibu hamil, gusi berdarah adalah fenomena yang umum dan normal terjadi.

Saat seorang perempuan hamil, ia akan menghasilkan hormon progesteron dalam jumlah yang lebih besar sehingga mengakibatkan pembuluh darah membesar mendekati permukaan gusi. Akibatnya, pembuluh darah tersebut jadi semakin mudah terkena kontak dengan bakteri dalam mulut sehingga mengakibatkan gusi berdarah. Para obygn umumnya akan menyarankan Anda untuk terus rajin menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi selama hamil.

.3831 2 Hal Aneh yang BISA Terjadi Saat Anda Hamil (A)

  • Akan Ada Masalah pada Kantong Empedu Anda

Gejala ini umumnya muncul saat Anda menginjak usia kehamilan 20 minggu, dan umumnya ditandai dengan rasa kram pada perut bagian kanan atas. Pada ibu hamil yang menjaga gaya hidup sehat pun masih bisa mengalami gejala ini. Dalam kasus ini, batu empedu muncul akibat tingginya konsentrasi hormon estrogen selama kehamilan yang mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol, yang kemudian menyebabkan terbentuknya empedu.

Jika rasa sakit yang diakibatkan oleh batu empedu tersebut cukup parah, umumnya Anda akan disarankan untuk menjalani operasi pengangkatan kantong empedu. Walaupun ada kalanya batu empedu tersebut akan luruh dengan sendirinya setelah Anda melahirkan.

Pernahkah Ladies mengalami 2 gejala di atas selama masa kehamilan?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR