Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Normalkah?

Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Normalkah?

19
0
BAGIKAN

Selama masa menstruasi hari kedua, hampir semua dari kita mengalami meningkatnya kram perut yang tak jarang membuat Anda tak kuasa (atau tak ingin!) bangkit dari tempat tidur Anda. Ada kalanya juga Anda mengalami heavy flow yang mengakibatkan Anda harus siap ke kamar mandi setiap beberapa jam untuk mengganti pembalut. Rasa horor akan melihat darah berceceran di lantai kamar mandi saat berganti pembalut pun sudah tak lagi muncul, setelah puluhan tahun mengalaminya Anda sudah pasti sudah terbiasa!

Masalahnya adalah ketika Anda mendapati gumpalan darah berwarna merah pekat, atau bahkan mendekati warna hitam. Pastinya banyak dari Anda yang langsung merasa khawatir. Apakah itu pertanda ada yang salah dengan organ reproduksi Anda? Atau tanpa Anda sadari Anda sebenarnya tengah hamil dan tak menyadarinya? Film horor yang Anda saksikan tempo hari pun tak membantu sama sekali!

Calm down, Vems. Akan sangat mudah merasa freak out terutama ketika hal itu berhubungan dengan organ reproduksi. Kenyataannya, darah hitam yang keluar saat menstruasi bukan pertanda Anda tengah dirasuki roh jahat atau ada masalah pada rahim Anda. Darah hitam saat menstruasi adalah suatu hal yang normal dan terjadi pada hampir semua perempuan di muka bumi setiap kali mereka mengalami siklus menstruasi. Darah tersebut hanyalah pertanda dari darah yang ada di dalam organ Anda dalam waktu yang lama dan terkena oksidasi.

.3811 Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Normalkah- (A)

So here how it goes! Seperti yang sudah kita semua ketahui, menstruasi terjadi ketika organ rahim Anda meluruhkan jaringan endometrium setelah tidak terjadinya kehamilan. Efek dari pengelupasan tersebut adalah pendarahan yang kita sebut sebagai menstruasi.

Pada hari pertama dan kedua menstruasi, darah yang keluar hampir semuanya berwarna merah segar. Menginjak hari ketiga dan keempat menstruasi, peluruhan pada dinding rahim sudah mulai berkurang dan di saat yang sama menstruasi Anda pun menjadi lebih ringan.

Darah menstruasi yang ada di dalam tubuh pun keluar lebih pelan dan mengalami proses oksidasi sehingga menyebabkan warna darah tersebut berubah menjadi coklat gelap hingga hitam. Darah hitam itu adalah darah sisa menstruasi yang telah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Sedikit lega kan setelah mengetahui itu adalah peristiwa yang normal dan just another day in our uterus? Tapi tetap saja tak ada salahnya untuk merasa waspada, Vems. Apalagi jika pendarahan berwarna hitam atau cokelat tersebut terjadi secara konsisten lebih dari 2 hari dan disertai dengan rasa sakit. Jika itu terjadi pada Anda, ada baiknya Ladies berkonsultasi dengan dokter obygn kepercayaan Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat buat Anda, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR