4 Makanan Ini Bagus untuk Atasi Sakit Perut

4 Makanan Ini Bagus untuk Atasi Sakit Perut

13
0
BAGIKAN
Pretty young brunette suffering from stomach ache while sitting in a sofa

Dalam hidup seseorang, paling tidak mereka pasti akan pernah mengalami gangguan pencernaan yang mengakibatkan mereka merasa mual dan muntah-muntah, konstipasi, perut terasa penuh, hingga diare. Terlebih lagi buat Anda yang memiliki perut sensitif atau riwayat maag. Ada banyak alasan yang menyebabkan perut Anda menjadi sakit. Bisa jadi akibat Anda tidak cukup mengkonsumsi makanan berserat, masuk angin, dampak maag, hingga gejala usus buntu. Yang jelas, ketika perut Anda sedang ‘ngambek’, nafsu makan Ladies pun turut terganggu.

Vems mungkin akan langsung bergantung pada obat untuk meredakan rasa tidak nyaman pada perut Anda. Padahal ada banyak lho jenis makanan alami yang bisa mengatasi sakit perut. Apa saja? Simak uraiannya berikut yuk.

.3797 Makanan Ini Bagus untuk Atasi Sakit Perut (A)

  • Jahe

Buat Ladies yang sering mengalami mual dan muntah, coba deh konsumsi segelas jahe hangat. Jahe memiliki senyawa kimia yang dapat membantu mengatur sistem syaraf yang mengirim sinyal dari otak pada perut sehingga menghambat munculnya rasa mual. Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme sehingga membantu mempercepat penyerapan nutrisi makanan sekaligus membantu mengosongkan perut.

Tapi hati-hati, Vems! Konsumsi jahe di atas dosis 5 gram perhari justru dapat menjadi bumerang terhadap kesehatan Anda. Terlalu banyak konsumsi jahe justru dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga mengakibatkan heartburn hingga diare.

.3797 Makanan Ini Bagus untuk Atasi Sakit Perut (B)

  • Chamomile

Segelas teh chamomile tidak hanya membantu memberikan efek rileksasi pada tubuh, tapi juga dapat membantu meredakan masalah perut Anda lho, Vems. Konon chamomile sudah lama digunakan sejak ratusan zaman lalu untuk mengatasi masalah pencernaan, contohnya seperti perut bergas, diare, mual, dan muntah-muntah. Chamomile juga sangat berguna untuk membantu meredakan masalah kolik pada bayi yang masih menyusui ASI.

.3797 Makanan Ini Bagus untuk Atasi Sakit Perut (C)

  • Peppermint

Ramuan dari tanaman peppermint ternyata memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan Anda dari gejala Irritable Bowel Syndrome atau IBS. Dengan mengkonsumsi kapsul minyak peppermint setiap hari selama 2 minggu dapat membantu meredakan sakit perut, perut bergas, dan diare pada penderita IBS berusia dewasa. Tak hanya itu, minyak peppermint juga dipercaya dapat membantu merileksasi otot-otot pencernaan sekaligus mencegah resiko timbulnya rasa sakit pada perut dan gangguan diare.

.3797 Makanan Ini Bagus untuk Atasi Sakit Perut (D)

  • Pisang Hijau

Menyantap pisang hijau masak terbukti dapat membantu meredakan gejala sakit perut pada anak-anak lho. Itu berkat zat serat yang terdapat di dalam buah pisang yang berperan sebagai stimulan usus besar untuk menyerap lebih air dan membuat poops menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat dan memperbanyak konsumsi air hangat untuk mengatasi masalah pencernaan, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR