Cara Aplikasikan Skillset di Bidang Industri Berbeda

Cara Aplikasikan Skillset di Bidang Industri Berbeda

4
0
BAGIKAN

Tidak semua orang mendapatkan bidang karir yang sesuai segera setelah mereka mendapatkan pekerjaan pertama. Banyak dari Ladies bahkan harus menjajal dari satu bidang ke bidang lain untuk menemukan karir mana yang cocok dengan passion Anda. Hal tersebut memang sangat dianjurkan terutama jika Anda adalah seorang fresh-graduate, karena itu merupakan salah satu bentuk dari eksplorasi diri.

Tapi timbul pertanyaan; Bagaimana caranya membuat skill set yang Anda pelajari sebelumnya terlihat appealing dan somewhat relevan dengan bidang yang benar-benar berbeda dan baru sehingga Anda berhasil memenangkan hati pihak perusahaan? Baca terus artikel ini untuk temukan jawabannya.

  • Identifikasi Kualifikasi Anda

Ketika Ladies melihat lowongan pekerjaan yang menarik perhatian Anda, jangan lupa untuk terlebih dulu mengukur kualifikasi diri sendiri untuk pekerjaan tersebut. Seringkali tanpa disadari Anda sebenarnya sudah memiliki seperangkat skill set yang belum sempat Anda keluarkan di pekerjaan sebelumnya.

 

Jika Anda memiliki kemampuan leadership atau dapat berbicara di hadapan publik dengan baik, selama hal tersebut relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda tuju, tuliskan saja ke dalam CV Anda.

  • Tekankan pada Hasil

Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk berusaha segiat mungkin menjadi pegawai berprestasi di bidang pekerjaan manapun. Pihak employers umumnya tak terlalu tertarik dengan rentetan jabatan Anda, mereka akan jauh lebih tertarik dengan prestasi dan sumbangsih yang sudah Anda berikan kepada perusahaan.

.3787 Cara Aplikasikan Skillset di Bidang Industri Berbeda (A)

  • Menghubungkan Satu Titik dengan yang Lain

Seperti yang sudah ditekankan di atas, Anda wajib dapat menghubungkan antara kemampuan yang Anda miliki dengan kualifikasi pekerjaan yang Anda inginkan saat ini. Misalnya jikapun Anda tidak memiliki pengalaman bekerja di bidang sales sebelumnya, paling tidak pengalaman Anda dalam mencapai target pengumpulan dana amal di suatu organisasi dapat membantu membuat Anda terlihat memiliki skill sets yang diperlukan oleh seorang sales.

 

Sehingga, kemungkinan Anda akan dilirik oleh pihak employer pun akan semakin besar. Di saat yang sama, Ladies  mungkin juga perlu menghilangkan daftar skills yang Anda miliki namun tidak berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

  • Jangan Ragu-ragu untuk Tonjolkan Soft Skills

Walaupun mungkin terdengar sepele dan tidak diperlukan, sebenarnya menunjukkan Anda memiliki soft skills yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut sangat penting lho. Soft skills tersebut nantinya yang akan membantu meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang sempurna untuk pekerjaan tersebut.

Penempatan soft skill yang sejajar dengan pekerjaan yang Anda inginkan bakal membuat Anda terlihat lebih meyakinkan. Salah satu contohnya seperti kemampuan soft skill dalam bidang komunikasi akan sangat dibutuhkan oleh seorang sales, dan lain sebagainya.

Semoga uraian di atas membantu Anda, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR