Ini Lho Cara Bertengkar dengan Pasangan yang Benar

Ini Lho Cara Bertengkar dengan Pasangan yang Benar

19
0
BAGIKAN

Dalam hubungan asmara semesra apapun, pastinya akan ada saat Anda merasa pasangan Anda sangat menyebalkan, dan pasangan Anda pun merasa sebaliknya sehingga mengakibatkan pertengkaran. Walaupun tidak diinginkan, pertengkaran dengan pasangan sebenarnya adalah sesuatu yang wajar dan pasti terjadi karena bagaimanapun Anda dan pasangan adalah 2 individu yang berbeda. Pertengkaran bisa jadi hal yang bagus karena dapat mengajarkan Anda dan pasangan bagaimana cara berkomunikasi yang baik saat terjadi kesalahpahamaan atau ketidaksetujuan.

Lalu bagaimana sih cara menjadikan pertengkaran sebagai media komunikasi yang sehat?

  • Jangan Menghakimi, Mengkritik, Apalagi Menyalahkan

Memang terasa susah ya? Apalagi saat kedua belah pihak sedang dibakar api emosi. Tapi justru dalam keadaan emosi itulah kemampuan Anda mengontrol kemarahan Anda diuji. Semarah apapun dengan pasangan, jangan sampai terlontar kata-kata kritik yang tajam atau kalimat yang menyudutkan pasangan. Yang ada nanti justru Anda berdua makin defensif dan susah akur lho. Cobalah untuk saling berempati dengan mendengarkan curahan hati dan pendapat pasangan. Jangan sampai Anda menyela perkataan mereka di tengah-tengah karena hal tersebut dapat membuat ia makin tersinggung.

  • Tetap Jaga Topik Pembicaraan

Saat ada keinginan untuk mengungkit-ungkit permasalahan masa lalu, tahanlah diri Anda dan ingatkan diri bahwa sumber masalah dari pertengkaran Anda adalah masalah yang terjadi saat ini. Stick to it! Atau jangan menyebutkan kebiasaan buruknya saat inti dari argumen Anda sebenarnya tentang biaya sewa rumah. Semakin fokus Anda dan pasangan dengan masalah yang dihadapi, akan semakin nampak pula jalan penyelesaian tanpa harus bertengkar terlalu lama.

.3774 Ini Lho Cara Bertengkar dengan Pasangan yang Benar (A)

  • Jangan Menggunakan Bahasa Tubuh yang Memperparah Pertengkaran

Body language seperti memutar bola mata atau menunjuk pasangan dengan jari telunjuk Anda bisa membuat pertengkaran dengan pasangan makin meruncing. Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang tengah bertengkar mainly akan melihat bahasa tubuh yang ditunjukkan lawan bicaranya dan hal tersebut akan mereka ambil sebagai bagian dari maksud Anda.

Jadi jika Anda memutar bola mata, pasangan Anda bisa jadi semakin marah karena ia merasa diremehkan. Begitu juga jika Anda menunjuk pasangan dengan jari telunjuk sambil berteriak, pasangan akan merasa diserang dan membuat ia bersikap defensif.

  • Jangan Mengancam Mereka

Hayo, ini buat Anda yang suka sedikit-sedikit mengancam pasangan untuk bercerai atau putus hubungan. Sekali-dua kali mungkin akan membuat pasangan Anda takluk tapi lama-kelamaan pasangan Anda akan muak dan siapa tahu, justru ia akan membuat ancaman (yang tidak Anda lontarkan dengan sungguh-sungguh) jadi kenyataan. Lagipula, siapa sih yang tahan diancam seperti itu terus?

Semoga tips dari Vemine di atas membantu Anda dan pasangan untuk bisa bertengkar dengan cara yang baik ya, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR