Cara Sederhana untuk Tanggulangi Social Anxiety

Cara Sederhana untuk Tanggulangi Social Anxiety

18
0
BAGIKAN

Buat Anda yang mengidap social anxiety, seringkali Anda merasa kesepian karena Anda merasa bahwa Anda adalah satu-satunya orang di dunia ini yang harus hidup dengan rasa takut yang constant terhadap interaksi atau situasi sosial. Fortunately, social anxiety ini sebenarnya adalah penyakit mental yang sangat umum dan sering ditemui pada hampir separuh populasi penduduk Bumi. Dan karena itu adalah hal yang sangat umum, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk paling tidak meringankan gejala social anxiety dan memudahkan Anda untuk memperoleh bantuan yang Ladies perlukan.

  • Edukasi Diri Anda Sendiri

Mulailah dari diri Anda dengan mengedukasi diri sendiri mengenai topik seputar social anxiety. Kebanyakan penderita social anxiety merasa overwhelmed karena di bayangan mereka, gejala mental tersebut bagaikan monster yang selalu mengintai mereka. Dengan semakin mengenal social anxiety, Anda akan lebih mengetahui tentang monster di dalam diri Anda sehingga anxiety tersebut tak lagi terasa menakutkan.

 

Malah, bukan tidak mungkin Anda dapat menaklukkannya. Mulailah dengan berpegang pada prinsip bahwa hal-hal yang Anda takutkan sebenarnya hampir tidak akan mungkin terjadi di dunia nyata. Daripada menghindari rasa kekhawatiran tersebut, doronglah diri Anda untuk menghadapinya.

  • Gunakan “Realistic” Thinking, Bukan “Positive” Thinking

Berlawanan dari yang dipercaya kebanyakan orang, positive thinking dalam setting social anxiety justru dapat memperbesar anxiety tersebut. Kalau begitu, cobalah melakukan pendekatan dengan berpikir realistis. Misalnya jika Anda mulai merasa anxious karena interview kerja yang besok akan Anda hadiri, yakinkanlah diri Anda sendiri bahwa walaupun mungkin hasil interview tersebut tak berlangsung sempurna bukan berarti itu hal yang jelek atau Anda gagal. Kebiasaan berpikir realistis surprisingly justru dapat membuat Anda lebih tegar.

.3768 Cara Sederhana untuk Tanggulangi Social Anxiety (A)

  • Bernapas

Ketika Anda mulai merasa panik, tempo napas Anda akan menjadi pendek-pendek dan cepat. Kalau sudah begitu, sebisa mungkin aturlah pernapasan Anda. Bernapaslah dengan pelan dan usahakan dalam ritme yang teratur. Walaupun terdengar sepele dan insignificant, tubuh Anda akan merasa lebih rileks dan pikiran Anda pun berangsur-angsur menjadi lebih jernih. Anda tak akan pernah tahu bahwa nasehat se-klise ini akan berguna sebelum Anda mencobanya, kan?

  • Ubah Kata-Kata Anda

Bagaimana Anda berbicara dengan diri Anda sendiri saat mulai merasa anxious ternyata memberikan pengaruh yang besar lho. Daripada menggunakan kata-kata seperti “aku khawatir dengan. . . “, atau “aku merasa nervous karena. . . “, cobalah untuk menggunakan kata-kata bermuatan positif seperti “aku tak sabar untuk bertemu . . . “ atau “aku benar-benar ingin mengenakan baju baru yang aku beli kemarin”.

Selamat mencoba, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR