Baca Ini Jika Peduli dengan Kesehatan Kuku Anda

Baca Ini Jika Peduli dengan Kesehatan Kuku Anda

6
0
BAGIKAN

Bagi setiap manusia kuku adalah salah satu organ tulang lunak yang tumbuh pada tiap jari tangan dan kaki. Bagi perempuan khususnya penggemar seni nail arts, kuku bagaikan kanvas tempat Anda melukiskan berbagai macam ide lukisan menarik pada kuku Anda. Fungsi kuku antara lain untuk membantu ujung jari yang memang dipenuhi dengan berbagai macam sel syaraf, serta membantu untuk meningkatkan daya sentuh.

Siapa sangka ya ternyata kuku jari Anda ternyata memiliki fungsi yang sangat penting? Karena terletak di luar tubuh dan terlihat mata, sudah jelas kesehatan kuku pun secara tak langsung turut berdampak pada keindahan penampilan Anda. Makanya Ladies perlu rajin-rajin merawat kesehatan kuku Anda dengan mewaspadai dan mencegah beberapa jenis penyakit kuku, salah satunya adalah Melanonychia. Apakah itu?

Melanonychia adalah suatu kondisi kesehatan yang mengakibatkan timbulnya perubahan warna pada kuku jari tangan maupun jari kaki Anda. Gejala dari kondisi kesehatan ini umumnya ditandai dengan adanya garis-garis berwarna coklat yang muncul dari bantalan kuku hingga ke ujung kuku. Melanonychia Striata sebenarnya adalah hal alami yang paling umum terjadi pada orang-orang berkulit gelap, sehingga most of the time Anda tidak perlu khawatir. Namun, munculnya melanonychia juga perlu diwaspadai karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit:

  • Kanker kulit
  • Psoriasis
  • Sindrom Addison
  • Hipertiroid
  • HIV
  • Lupus
  • Infeksi kuku
  • Iritasi kulit yang disebut dengan lichen planus

.3765 Baca Ini Jika Peduli dengan Kesehatan Kuku Anda (A)

Terdengar menyeramkan ya, Vems? Tapi tidak semua fenomena Melanonychia ini disebabkan oleh  penyakit-penyakit fatal kok. Melanonychia juga bisa jadi merupakan tanda dari:

  • Trauma kuku akibat kebiasaan menggigit kuku, atau sebagai dampak dari deformitas gara-gara kuku kaki yang bergesekan terus-menerus dengan sepatu
  • Faktor genetik dan ras
  • Kehamilan

Bagaimana Melanonychia Terbentuk?

Melanonychia terjadi akibat menumpuknya sel pigmen yang disebut dengan melanosit pada jari Anda. Melanosit memiliki warna alami berwarna cokelat dan seiring dengan tumbuhnya kuku Anda, zat melanosit tersebut pun akan muncul dalam bentuk guratan-guratan berwarna cokelat maupun hitam pada kuku Anda.

Mengingat ada banyak sekali penyebab di balik Melanonychia, memang lebih bijaksana jika Anda menyerahkan urusan diagnosis pada dokter ahli. Jika Melanonychia yang Anda alami ternyata merupakan bawaan genetik, maka kondisi tersebut tidak akan membahayakan kesehatan Anda. Namun jika penyebabnya adalah karena faktor infeksi bakteri atau faktor-faktor penyakit lainnya, maka dokter akan memberikan beberapa bentuk pengobatan seperti antibiotik dan antifungal, atau prosedur perawatan lainnya sesuai dengan hasil diagnosis.

Yuk lebih peduli dengan kesehatan kuku Anda, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR