Sebelum Pindah Pekerjaan, Bandingkan Ini Dulu

Sebelum Pindah Pekerjaan, Bandingkan Ini Dulu

9
0
BAGIKAN

Job hunting atau berburu pekerjaan ternyata tidak hanya dilakukan oleh para unemployed, para pegawai yang sudah mendapat pekerjaan tetap pun melakukannya. Alasan Anda melakukan job hunting dengan pekerjaan di tangan pun beragam. Bisa jadi karena lingkungan di tempat kerja Anda saat ini yang tidak sehat, atau bisa juga karena alasan klasik lainnya. Jika Anda beruntung, tawaran pekerjaan baru pun akan menghampiri Anda dengan sendirinya.

Sangatlah mudah untuk langsung menanggapi dan menerima tawaran pekerjaan tersebut. Tapi akan lebih bijaksana jika Anda tidak terlalu cepat mengiyakan, Vems. Sebelum officially berpindah hati, ada beberapa hal yang harus Anda jadikan pertimbangan. Apa saja sih pertimbangan tersebut? Simak ulasannya berikut yuk.

  • Apakah Pekerjaan Anda yang Baru Menawarkan Gaji dan Benefits yang Cukup

Untuk mengetahui cukup-tidaknya gaji yang Anda terima saat ini, jangan hanya terpaku pada kisaran angka UMR Vems. Pertama-tama Anda wajib tahu terlebih dulu tentang gaya hidup yang Anda miliki saat ini. Bandingkan pengeluaran Anda tiap bulan dengan jumlah gaji yang Anda terima saat ini dan tawaran yang diajukan oleh perusahaan lain.

Jangan lupa juga untuk turut mempertimbangkan benefits yang mereka tawarkan. Kesalahan besar yang sering dilakukan adalah Anda terlalu terpaku dengan jumlah nominal gaji dan tidak memperhitungkan bentuk benefits lain. Contohnya seperti jatah cuti, sokongan asuransi jiwa dan asurans kerja, dan lain sebagainya.

  • Kesempatan untuk Belajar dan Berkembang

Seringkali faktor pertama dari keinginan untuk resign bukan karena Anda benci pekerjaan Anda, atau karena faktor “G”, tapi karena Anda merasa jenuh. Kejenuhan bisa muncul karena aktivitas kerja yang Anda lakukan setiap hari hanya itu-itu saja, Anda juga tidak belajar hal-hal baru yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan Anda. Kalau dengan alasan itu, sebenarnya Anda tidak perlu resign karena bukankah ada pihak manajer yang dapat Anda ajak bicara?

.3761 Sebelum Pindah Pekerjaan, Bandingkan Ini Dulu (A)

Tapi jikapun Anda sudah keukeuh, maka Ladies perlu lebih seksama dalam memperhatikan tawaran yang diberikan. Tanyakan pada diri sendiri, bagaimana tawaran dari perusahaan tersebut dapat membantu mengembangkan kemampuan Anda saat ini, dan juga apakah Anda dapat melihatdiri Anda dalam 10 tahun kemudian?

  • Kecocokan Kultur Kerja

Lingkungan kerja seperti apa sih yang cocok dengan Anda, Vems? Apakah Anda tipe orang yang lebih nyaman bekerja di tengah-tengah lingkungan dengan dresscode yang ditentukan, atau Anda lebih cocok dengan setting kerja yang lebih santai dan bebas mengenakan busana apa saja? Apakah toleransi Anda akan tingkat keramaian di kantor tinggi atau rendah? Manakah di antara perusahaan Anda saat ini dan perusahaan tujuan Anda yang mengadopsi hampir semua kriteria lingkungan kerja yang ideal untuk Anda? Pertanyaan-pertanyaan sepele itu yang wajib Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum Anda memutuskan untuk pindah pekerjaan.

Jangan lupa perhitungkan juga faktor work-life balance ya, Vems! Percuma kan punya gaji banyak tapi Anda tak sempat menikmatinya karena terlalu sibuk bekerja?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR