Sudah Tahu Belum Perbedaan Gelato dan Ice Cream Ini?

Sudah Tahu Belum Perbedaan Gelato dan Ice Cream Ini?

4
0
BAGIKAN

Di tengah-tengah musim kemarau yang menyengat, memang tidak ada yang lebih sempurna dari menikmati semangkok kecil dessert dingin seperti ice cream atau gelato. Hampir semua cafe hingga restoran menyajikan frozen desserts ini, bahkan Anda juga akan menemukan food stalls yang menjual ice cream atau gelato di pusat perbelanjaan atau di acara bazaar rakyat.

Baik gelato maupun ice cream memang sama-sama lezat. Banyak dari Anda juga tentu sudah mengetahui bahwa gelato sebenarnya adalah sajian ice cream versi Italia. Dari segi penampilan dan variasi rasa pun sebenarnya gelato tidak jauh berbeda dari ice cream yang kita kenal selama ini. Tapi ternyata, gelato dan ice cream punya beberapa perbedaan lho. Berapa banyak yang sudah Ladies ketahui?

  • Kadar Lemak

Tahukah Anda kalau ternyata kadar lemak yang dimiliki gelato sedikit lebih rendah dibandingkan dengan es krim. Walaupun sama-sama berbahankan dasar susu sapi segar, kadar susu di dalam gelato jauh lebih besar dibandingkan dengan yang dimiliki oleh es krim yang memang lebih condong menggunakan krim. Selain itu, jumlah kuning telur yang digunakan pada gelato juga lebih sedikit dibandingkan yang digunakan dalam pembuatan es krim.

  • Tekstur Rasa dan Densitas

Kalau Vems pernah mencoba baik es krim dan gelato, Anda pasti menyadari bahwa tekstur yang dimiliki keduanya berbeda. Tekstur ice cream cenderung lebih mengembang dengan cita rasa susu yang lebih ringan, whereas tekstur gelato lebih padat dengan rasa susu yang lebih kental.

.3753 Sudah Tahu Belum Perbedaan Gelato dan Ice Cream Ini- (A)

Semuanya karena perbedaan kecepatan antara keduanya. Es krim dibuat dengan proses pengocokan yang lebih keras dan lebih cepat dibandingkan dengan gelato. Proses pengocokan yang cepat tersebut akan memerangkap udara sehingga membuat adonan es krim lebih mengembang. Berbeda dari teknik pengadukan gelato yang lebih lambat sehingga membuat adonan es krim gelato jadi lebih padat.

  • Suhu Penyimpanan

Suhu penyimpanan es krim dan gelato juga berbeda. Suhu ideal untuk menyimpan es krim agar tetap beku dan awet adalah sekitar 10 derajat Farenheit atau sekitar -12 derajat Celsius. Apabila peraturan ini diberlakukan saat Anda menyimpan gelato, maka gelato tersebut akan menjadi terlalu beku dan keras. Sebaliknya, jika es krim disimpan dalam suhu 15 derajat lebih rendah dari suhu seharusnya (suhu ideal untuk menyimpan gelato) maka es krim tersebut akan meleleh.

Terlepas dari perbedaannya, paling tidak ada satu kesamaan yang dapat kita tarik: gelato dan ice cream sama enaknya untuk dinikmati bersama dengan keluarga dan teman-teman. Setuju, Vems?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR