Sudah Tahu Belum Fakta Menarik Tentang Ketombe Berikut?

Sudah Tahu Belum Fakta Menarik Tentang Ketombe Berikut?

15
0
BAGIKAN

Buat Anda yang sudah menjadi langganan dari rambut berketombe, pasti paham benar penderitaan kala rambut Anda mulai ditempeli dengan serpihan-serpihan kulit mati ini. Apalagi ada kalanya ketombe yang rontok dari rambut Anda sangat banyak layaknya hujan salju, sehingga akhirnya membuat Anda untuk sementara bermusuhan dengan pakaian berwarna gelap.

Kebanyakan orang mengasosiasikan ketombe dengan serpihan kulit mati berwarna putih yang selalu rontok saat Anda menyisir rambut. Padahal ternyata ketombe juga bisa berwujud kerak-kerak berwarna merah yang mengakibatkan iritasi di bagian kulit kepala hingga tak jarang mengakibatkan luka. Apa lagi nih fakta menarik yang belum Anda ketahui seputar ketombe yang merepotkan ini?

  • Ada 3 Jenis Ketombe

Yup, ketombe ternyata terbagi menjadi 3 jenis lho. Yang pertama dan yang paling umum adalah Pityriasis Simplex. Ketombe jenis ini umumnya memiliki wujud kepingan kulit mati tipis berwarna putih. Yang kedua adalah seborrheic dermatitis yaitu kondisi ketombe yang sedikit lebih serius dibandingkan dengan jenis ketombe sebelumnya.

 

Seborrheic dermatitis umumnya ditandai dengan kondisi kulit kepala yang jauh lebih berminyak dibandingkan biasanya, serpihan ketombe yang nampak umumnya berwarna kuning dan munculnya iritasi yang mengakibatkan kulit kepala berwarna kemerahan.

 

Jenis ketombe terakhir yang paling parah adalah psoriasis. Gejala psoriasis antara lain kulit kepala yang terasa gatal hingga mengakibatkan keluarnya darah karena aktivitas menggaruk yang terlalu keras. Psoriasis tidak hanya muncul di kulit kepala saja, rasa gatal tersebut juga bisa menimbulkan luka di anggota tubuh lainnya.

  • Ketombe Terjadi Akibat Pengaruh Ragi Bernama Malassezia

Kebanyakan orang menganggap bahwa ketombe terjadi akibat kondisi kulit kepala yang kering. Padahal sebaliknya, ketombe justru disebabkan oleh produksi minyak rambut yang terlalu banyak. Kondisi lembap pada kulit kepala dapat menyebabkan ragi malassezia berkembang secara pesat hingga mengakibatkan munculnya ketombe. Malassezia adalah faktor penyebab timbulnya jenis ketombe pityriasis simplex dan seborrheic dermatitis.

.3746 Sudah Tahu Belum Fakta Menarik Tentang Ketombe Berikut- (A)

Tapi perlu diingat bahwa malassezia adalah organisme yang memang ada secara alami di kulit kepala Anda, sehingga tidaklah bijak untuk melenyapkan ragi tersebut. Paling tidak yang dapat Ladies lakukan adalah dengan keramas secara teratur untuk membantu mengontrol produksi minyak rambut, terutama jika Anda sangat aktif dan sering berkeringat.

  • Ketombe Bisa Terjadi Akibat Faktor Genetik

Kenapa satu orang bisa lebih mudah terkena ketombe dibandingkan dengan orang lain? Besar kemungkinan salah satu alasan terbesar adalah karena faktor genetik. Jika dalam riwayat keluarga Anda terdapat anggota keluarga yang punya masalah dengan ketombe, maka ada kemungkinan bahwa Anda juga mendapatkan bakat genetik tersebut.

Tapi selain itu, ternyata ketombe juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain. Misalnya ketidakseimbangan hormon akibat stres maupun siklus menstruasi pada perempuan. Pengaruh cuaca yang dingin dan kering, serta beberapa jenis makanan seperti cokelat dan keju diketahui berpotensi membuat seseorang lebih rawan mengalami ketombe.

Semoga informasi ini menghibur sekaligus memberikan pengetahuan baru bagi Anda, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR