Tanda Anda Terjebak ke Dalam Stress Shopping

Tanda Anda Terjebak ke Dalam Stress Shopping

8
0
BAGIKAN

Saat Anda dilanda mood yang jelek, apakah yang Ladies lakukan? Cara setiap orang dalam menenangkan diri saat mood mereka tengah berantakan bermacam-macam. Beberapa dari Anda mungkin langsung lari ke pelukan comfort foods, ada juga dari Anda yang membenamkan diri dengan berbelanja benda-benda yang bahkan Anda tahu sebenarnya Anda tidak membutuhkannya.

Bagi banyak orang (termasuk Anda)  shopping saat Anda bad mood adalah salah satu coping mechanism dalam menghadapi stres. Pengalaman berbelanja memang membuat Anda merasa senang, sehingga in a way memang benar shopping dapat membantu meredakan stres. Tapi setelah rasa bahagia tersebut muncul rasa bersalah karena Anda sudah menghambur-hamburkan uang dengan sembarangan. Jika dibiarkan terus berlarut-larut maka bisa jadi tidak hanya kondisi keuangan Anda yang menjadi tak stabil, kesehatan mental Anda pun akan terganggu. Makanya, simak yuk ciri-ciri dari seorang stress shopper berikut ini.

  • Keinginan Belanja yang Kompulsif

Compulsive Shopping adalah aktivitas shopping yang biasanya dilakukan tanpa melalui pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Biasanya kebiasaan belanja yang kompulsif tersebut muncul saat Ladies dilanda stres, frustrasi, atau bisa juga akibat rasa cemas yang berlebihan (anxiety). Emosi negatif tersebut kemudian memicu keinginan Anda untuk segera membeli sesuatu, bahkan saat Anda tahu Anda sama sekali tak membutuhkannya.

  • Pengambilan Keputusan yang Kompulsif

Setelah munculnya urge untuk berbelanja, dalam keadaan stres Anda jadi tidak dapat memproses dan mempertimbangkan keinginan berbelanja tersebut secara lebih tenang. Anda akan membeli banyak barang sekaligus tanpa memikirkan dampaknya terhadap kondisi finansial Anda. Pengambilan keputusan berbelanja pun jadi semakin memburuk jika Anda berbelanja secara online yang memungkinkan Anda untuk membeli banyak barang sekaligus tanpa perlu khawatir mengalami kesulitan dalam membawanya pulang.

.3735 Ini Alasan Kenapa Anda Jadi Gila Belanja Saat Bad Mood (A)

  • Rasa Bahagia yang Membuncah Setelah Berbelanja

Beberapa menit sebelumnya, mood Anda sangat berantakan. Tapi segera setelah kasir memberikan barang-barang belanjaan Anda, Ladies langsung merasakan gelombang rasa bahagia dan euforia di dalam diri. Rasa senang tersebut hanya muncul saat Anda berbelanja dalam keadaan bad mood sehingga menciptakan kesan bahwa satu-satunya cara untuk meredakan amarah Anda adalah dengan berbelanja.

  • Anda Mengalami Shopping Blues

Setelah Anda sampai di rumah dan mengamati barang-barang yang sudah Anda beli, Anda anehnya langsung merasa menyesal dan bersalah, terutama jika saat itu kondisi keuangan keluarga atau pribadi tengah memasuki masa sulit. Faktor stres tersebut kemudian bakal menjadi beban tambahan yang akan terakumulasi bersama dengan stressors lainnya. Ketika Anda mencapai puncak stres, besar kemungkinan Anda akan jatuh ke dalam kebiasaan berbelanja yang sembrono lagi.

Bagaimana cara agar Anda tak terjebak dengan shopping impulse ini? Cara yang termudah adalah dengan mengajak teman-teman atau keluarga, sehingga akan ada pihak yang mengingatkan Anda sebelum Ladies tancap gas membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR