Kata-kata Ini Tak Seharusnya Dilontarkan Seorang Pemimpin

Kata-kata Ini Tak Seharusnya Dilontarkan Seorang Pemimpin

24
0
BAGIKAN

Jadi seorang pemimpin adalah hal yang luar biasa, karena itu berarti Anda berkesempatan untuk membimbing orang lain dan menumbuhkan bakat mereka. Tapi di saat yang sama, hal tersebut bukan sesuatu yang mudah. Karena by becoming a leader, berarti segala tindak-tanduk dan perkataan Anda akan diperhatikan dan ditiru oleh bawahan Anda. Kata-kata seperti “aku hanya melakukan hal ini karena perintah dari perusahaan” sudah jelas adalah salah satunya, karena hal tersebut mencerminkan bahwa Anda tidak bertanggung jawab terhadap keputusan Anda sendiri. Seorang pemimpin juga tidak seharusnya mengeluh kepada bawahannya mengenai karyawan lain atau permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Selain itu, ada beberapa ucapan lain yang walaupun terkesan harmless tapi tetap menjadi taboo dan hampir tidak pernah dikatakan oleh semua pemimpin yang sukses.

  • “Tetap Lakukan Apa yang Kamu Lakukan Sekarang”

Kata-kata ini seringkali dimaksudkan untuk menyemangati para high-performers untuk selalu memberikan usaha terbaik mereka. Tapi siapa yang menyangka kalau kata-kata tersebut justru bisa menjadi bumerang. Para high-performers biasanya adalah orang-orang yang ambisius dan mereka selalu menginginkan constructive feedbacks yang membantu mereka untuk terus tumbuh. Mereka benci keadaan yang stagnant dan membosankan, dan malah bisa jadi mereka akan beralih ke tempat lain yang dapat membantu mereka menaiki jenjang karir.

  • “Apakah Penjelasan Saya Jelas?”

Jika Anda menyampaikan terlalu banyak hal dalam satu kesempatan, besar kemungkinan para audiens Anda tidak menangkap jelas pesan inti yang Anda sampaikan. Dalam forum rapat, biasanya para partisipan rapat juga akan lebih ragu-ragu untuk mengajukan pertanyaan karena mereka tak ingin terlihat sebagai satu-satunya orang di ruangan tersebut yang merasa kebingungan. Ada baiknya Anda merangkum kesimpulan dari apa yang telah Anda sampaikan pada rapat tersebut untuk menghindari kesalahpahaman.

.3673 Kata-kata Ini Tak Seharusnya Dilontarkan Seorang Pemimpin (A)

  • “Saya Tidak Menerima Kegagalan”

Dalam beberapa projects, memang sangat penting untuk menekankan betapa pentingnya keberhasilan dalam project tersebut sehingga membuat tim menjadi lebih fokus dalam memberikan hasil terbaik.

Tapi tetap saja, kalimat ini sebaiknya tidak Anda lontarkan terlalu sering. Alasannya, karena perkataan tersebut justru memperbesar ketakutan seseorang terhadap kegagalan. Akibatnya produk yang dihasilkan pun jadi mediocre karena tim tidak berani untuk bereksplorasi lebih jauh.

  • “Beri Saya Solusi, Bukan Masalah”

In a way, perkataan tersebut sering terlontar untuk membantu memotivasi kemampuan tim dalam memecahkan masalah. Tapi di saat yang sama Anda justru berpotensi melewatkan masalah yang tak kalah serius, karena bawahan Anda tak berani mengungkapkan masalah tersebut.

Terlalu fokus terhadap alternatif solusi juga tak bagus karena hal tersebut justru membuat tim jadi berlomba-lomba agar idenya saja yang diterima, sedangkan collaborative works justru harus jadi aspek yang paling ditekankan.

Vemine yakin Vems bisa belajar menjadi pemimpin yang lebih baik!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR