Kartini Modern Ini Berhasil Dobrak Disabilitas Fisik Mereka

Kartini Modern Ini Berhasil Dobrak Disabilitas Fisik Mereka

9
0
BAGIKAN

Banyak orang yang menganggap bahwa orang dengan disabilitas fisik berarti memiliki keterbatasan dalam berbagai macam hal lain. Ironisnya justru masyarakat kita sendiri yang membatasi gerak para penyandang disabilitas tersebut. Masih banyak penyandang disabilitas yang paling tidak menghadapi satu tindakan diskriminasi dari orang-orang di sekitarnya, bisa jadi dalam bentuk kesulitan mencari kerja atau bahkan dalam hal yang sangat sepele, seperti menyeberang jalan misalnya.

Segala bentuk diskriminasi tersebut kemudian memaksa mereka untuk berusaha dua kali lebih keras dari orang-orang dengan kondisi fisik yang normal, dan berhasil membawa mereka mendapatkan kehidupan yang seharusnya sudah menjadi hak mereka sejak mereka lahir. Sama seperti R.A. Kartini yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan di tengah-tengah keterbatasannya, ini adalah sosok para perempuan yang berhasil membuktikan bahwa disabilitas fisik adalah satu-satunya hal yang jadi kekurangan mereka.

.3668 Kartini Modern Ini Berhasil Dobrak Disabilitas Fisik Mereka (A)

  • Jillian Mercado

Penyakit distorfi otot bisa jadi mengakibatkan ia tidak dapat menggerakkan kedua kakinya, tapi bahkan hal tersebut tidak menghentikan langkahnya untuk meraih impiannya sebagai seorang model. Jillian Mercado adalah model penyandang disabilitas fisik pertama, dan karirnya dimulai ketika ia menjadi model iklan bagi perusahaan fashion jeans yang kemudian membawanya menjadi model dari IMG Models. Ia kemudian sempat menjadi bintang model dari iklan kampanye merchandise yang didirikan oleh Beyonce hingga muncul di iklan komersial Target.

.3668 Kartini Modern Ini Berhasil Dobrak Disabilitas Fisik Mereka (B)

  • Stella Young

Satu-satunya mimpi dari penyandang disabilitas adalah agar mereka mendapatkan perlakuan yang sama dengan orang lain dengan kondisi fisik yang sempurna. Yang artinya, mereka juga tidak ingin didewakan.

Stella Young membawakan pesan tersebut dengan gayanya yang humoris setiap kali ia membawakan acara komedi kreasinya sendiri, yaitu “No Limits”. Ia bahkan sempat membuat video TEDx Talk di tahun 2014 yang berjudul “I’m Not Your Inspiration, Thank You Very Much”. Stella Young memang sudah berpulang di tahun 2014 lalu, but her humor legacy lives on.

.3668 Kartini Modern Ini Berhasil Dobrak Disabilitas Fisik Mereka (C)

  • Claudia Gordon

Hal yang paling buruk adalah ketika kita tuli padahal sebenarnya kita bisa mendengar. Sebagai penyandang tuna rungu, Claudia Gordon justru nyaring dalam menyuarakan hak-hak para penyandang disabilitas dan itu tidak terbatas pada komunitas tuna rungu saja. Ia berhasil menjabat sebagai anggota parlemen dan bahkan bekerjasama dengan mantan presiden AS Barack Obama untuk menyelesaikan masalah seputar disabilitas nasional.

Gordon juga menjadi motor penggerak bagi organisasi nasional seperti National Council of Disability, National Coalition for Disability Rights, and Homeland Security yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan bagi seluruh penyandang disabilitas.

.3668 Kartini Modern Ini Berhasil Dobrak Disabilitas Fisik Mereka (D)

  • Maya Angelou

Ada berapa banyak dari Ladies yang mengetahui bahwa pengarang autobiografi fenomenal “I Know Why the Caged Bird Sings” ini ternyata adalah seorang penyandang disabilitas? Seperti yang sudah kita ketahui dari autobiografinya, di masa mudanya mendiang Angelou sempat mengalami penyiksaan fisik dan pemerkosaan yang dilakukan oleh kekasih ibunya sendiri. Kejadian tersebut mengakibatkan trauma mendalam pada diri Angelou sehingga mengakibatkan beliau menderita selective mutism, yaitu bentuk anxiety disorder yang membuat penderitanya menjadi bisu saat mereka menghadapi situasi tertentu.

 

Para perempuan pemberani ini berhasil membuktikan keunggulan mereka bahkan di tengah keterbatasan fisik dan pengalaman pahit yang sempat mereka alami. Bagaimana dengan kita yang terlahir dengan kondisi fisik sempurna, Vems? Masih bisakah kita mengeluh?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR