4 Film Fenomenal Ini Disutradarai oleh Perempuan Lho!

4 Film Fenomenal Ini Disutradarai oleh Perempuan Lho!

70
0
BAGIKAN

Sang ibu emansipasi perempuan R.A. Kartini dan ksatria perempuan lainnya pasti tengah tersenyum bahagia saat ini. Bagaimana tidak? Perjuangan mereka untuk membuktikan bahwa perempuan adalah manusia yang setara dengan kaum pria membuahkan hasil. Saat ini semakin banyak perempuan berprestasi di bidangnya dan saling memperjuangkan hak kesetaraan untuk semua perempuan di dunia.

Beberapa dari mereka bahkan berprofesi sebagai sutradara dan berhasil membuahkan film-film dengan storyline menarik dan berhasil meraup kesuksesan dalam jajaran film Box Office. Selain film “Wonder Woman” dan “Wrinkles of Time”, berapa banyak female-directed movies berikut ini yang sudah pernah Ladies tonton?

.3667 Film Fenomenal Ini Disutradarai oleh Perempuan Lho! (A)

  • Boys Don’t Cry (1999)

Mengangkat isu sensitif seputar pemerkosaan dan transgender, film besutan Kimberly Peirce ini mengangkat kisah nyata dari remaja pria transgender bernama Brandon Teena dari Nebraska yang menjadi korban pemerkosaan yang kemudian dibunuh oleh 2 orang pemerkosanya setelah mereka mengetahui identitas sesungguhnya di tahun 1993.

Sang sutradara membungkus kisah kelam tersebut dengan penuh kelembutan namun tetap berhasil memberikan pesan awareness terhadap isu diskriminasi dan kekerasan yang terjadi terhadap kaum transgender dan rapuhnya maskulinitas dalam masyarakat melalui film ini. Film ini membawa sang pemeran tokoh utama yaitu Hilary Swank menyabet berbagai penghargaan, dua di antaranya adalah Academy Awards for Best Actress di tahun 2000, dan Best Actress-Drama  pada Golden Globe Awards ke-57.

.3667 Film Fenomenal Ini Disutradarai oleh Perempuan Lho! (B)

  • The Piano (1993)

Film yang disutradarai oleh Jane Campion ini meraup sedemikian banyak perhatian publik sehingga Campion berhasil menjadi sutradara perempuan pertama yang menerima penghargaan dalam ajang Cannes Film Festival. Film tersebut berkisah tentang perjalanan hidup seorang pianist bisu bernama Ada McGrath yang dijual oleh ayahnya untuk dinikahkan dengan seorang pria dari New Zealand. Struggles yang dialami oleh Ada hanya agar ia dapat kembali bermain piano kesayangannya dan bersatu dengan pria yang benar-benar dicintainya akan membuat Ladies menangis haru.

.3667 Film Fenomenal Ini Disutradarai oleh Perempuan Lho! (C)

  • Frozen (2013)

Yep, it’s THAT Frozen. Film animasi terbaru Disney ini tak hanya terkenal berkat lagu “Let It Go” yang didendangkan Idina Menzel, tapi juga turut mengubah haluan jalan cerita serial Disney. Bersama dengan serial “Brave”, “Frozen” menanggalkan plot cerita seorang pangeran tampan nan gagah perkasa yang menyelamatkan sang damsel in distress, dan lebih menekankan kekuatan cinta antara 2 bersaudara yaitu Elsa dan Anna. Tak mengherankan, nama sang sutradara yaitu Jennifer Lee yang bekerjasama dengan Chris Buck pun menjadi harum karenanya.

.3667 Film Fenomenal Ini Disutradarai oleh Perempuan Lho! (D)

  • Pariah (2011)

Tangan dingin dari sutradara Dee Rees yang notabene merupakan seorang lesbian membuat film “Pariah” menjadi film yang relatable bagi para remaja dan dewasa LGBT di luar sana yang mengalami konflik dengan identitas sexuality mereka. Pariah berkisah tentang seorang anak perempuan berkulit hitam bernama Alike yang berjuang untuk menerima dan memberanikan diri untuk jujur tentang identitas preferensi seksualnya sebagai seorang lesbian.

Semoga saja akan semakin banyak film-film berkualitas yang disutradarai oleh sutradara perempuan ya, Vems?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR