Tanda Anda Terjebak di Dalam Hubungan Kodependensi

Tanda Anda Terjebak di Dalam Hubungan Kodependensi

474
0
BAGIKAN

Sebuah hubungan cinta yang sehat adalah ketika kedua belah pihak melakukan timbal balik yang bermanfaat bagi satu sama lain. Anda dan pasangan sama-sama berkontribusi terhadap keharmonisan hubungan Anda, sehingga tidak ada pihak yang merasa bahwa merekalah yang selalu berkorban. Bagaimana jika Anda terlalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan sang pasangan sehingga Anda kehilangan diri Anda sendiri? Bisa jadi, Ladies saat ini tengah terjebak di dalam hubungan kodependensi.

Secara singkat, hubungan kodependensi biasanya ditandai dengan salah seorang pihak yang selalu memberikan perhatian kepada pihak lain sedangkan pasangan mereka hanya menerima tanpa timbal balik. Biasanya pihak pemberi menderita self-esteem yang sangat rendah sehingga menganggap bahwa hanya dengan memberi saja mereka dapat merasa lebih baik. Tak heran jika mereka selalu terjebak di dalam hubungan yang tak sehat bersama manipulator atau pasangan toxic lainnya. Khawatir Anda termasuk ke dalam orang yang kodependent? Ini tanda-tandanya.

  • Anda Memikul Tanggung Jawab yang Terlalu Besar

Dalam sebuah hubungan asmara, memang sangatlah wajar untuk mempedulikan dan berusaha memberikan yang terbaik untuk satu sama lain. Tapi seringkali jika Anda yang justru memikul tanggung jawab (yang seharusnya jadi tanggung jawab pasangan Anda), maka besar kemungkinan Ladies adalah pihak yang kodependen dalam hubungan Anda.

  • Anda Selalu Terlibat dengan Orang yang “Bermasalah”

Ladies sendiri mungkin sering heran dengan pola berpacaran Anda, karena tanpa Anda sadari hampir semua pasangan di masa lalu dan masa kini punya satu hal in common: Mereka adalah orang-orang damaged yang selalu bermasalah. Bisa jadi ia adalah seseorang yang sering terlibat masalah hukum atau kecanduan. Teman Anda juga sering protes ketika Anda harus berhutang hanya demi men-support hidup pasangan Anda, hingga bahkan membelikan mereka barang-barang bermerk walaupun Anda tahu mereka akan langsung menjualnya untuk modal berjudi.

.3652 Tanda Anda Terjebak di Dalam Hubungan Kodependensi (A)

  • Anda Selalu Membicarakan tentang Masalah yang Pasangan Anda Hadapi

Walaupun Anda dan dia berhubungan asmara, tetap saja masalah pribadi masing-masing harus diselesaikan oleh masing-masing individu. Namun dalam hubungan kodependen, Anda-lah satu-satunya orang yang constantly mengkhawatirkan masalah yang tengah ia hadapi, sedangkan ia sendiri terlihat santai-santai saja. Bahkan tak jarang Anda stres karenanya seakan-akan hal tersebut menjadi masalah Anda.

  • Anda Sering Membiarkan Mereka Melakukan Hal yang Sama, Tapi Tidak Demikian dengan Anda

Dalam hubungan yang sehat, ketika Anda dan pasangan memiliki rencana malam mingguan yang berbeda, maka Anda bisa saling berkompromi. Tapi jika Anda berada di dalam hubungan kodependen, Anda menjadi pihak yang selalu mengalah dan kebutuhan Anda selalu diabaikan.

  • Anda Pasrah Saja Ketika Ia Melakukan Tindakan Abusif pada Anda

For some reason, Anda memiliki toleransi yang sangat tinggi terhadap perilaku abusif-nya. Ia seringkali menindas dan menyiksa Anda, tak hanya melalui kekerasan fisik tetapi juga kekerasan mental. Kehidupan finansial Anda pun jadi merosot tajam gara-garanya. Tapi Anda memutuskan untuk tetap bersamanya karena Anda ingin membantunya.

Tentu saja Vemine berharap tak ada satupun dari ciri-ciri di atas yang sesuai dengan hubungan asmara Anda saat ini, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR