Ups, Salah Kirim Surat Lamaran Kerja? Baca Ini Dulu

Ups, Salah Kirim Surat Lamaran Kerja? Baca Ini Dulu

11
0
BAGIKAN

Dalam usaha mencari kerja, seringkali kita mengirimkan email lamaran kerja ke beberapa perusahaan sekaligus. Untuk mempermudah, biasanya Anda sudah menyediakan template yang bisa langsung Anda isi dengan informasi nama pihak HRD yang dituju, posisi yang Anda inginkan, dan lain sebagainya. Tapi seringkali karena ketergesa-gesaan Anda bisa jadi salah menulis nama dari pihak employer, atau bahkan Anda tidak menyadari format surat lamaran yang Anda kirimkan ternyata tidak sesuai seperti yang diminta oleh perusahaan.

Nasi sudah menjadi bubur. Email lamaran sudah Anda kirimkan dan mustahil untuk menariknya kembali. Reaksi yang paling manusiawi tentu saja panik, apalagi jika Anda benar-benar menginginkan posisi tersebut. Tapi, terlalu cepat bagi Anda untuk menyerah Vems! Kesalahan mengirimkan surat lamaran sebenarnya sangat common, dan berikut adalah cara untuk mengatasinya.

  • Tetap Tenang

It might be difficult, but listen. Salah mengirimkan email lamaran kerja bukan kesalahan yang terlalu fatal, karena Ladies hanyalah manusia biasa dan pasti ada saat Anda melakukan kesalahan. Begitu juga dengan pihak penerima surat lamaran Anda, they’ll understand.

 

Justru Anda bisa mendemonstrasikan salah satu mental yang harus dimiliki oleh setiap profesional, yaitu menunjukkan bahwa Anda bisa kembali bangkit dan berusaha keras bahkan setelah Anda melakukan kesalahan. Pihak perusahaan yang Anda tuju mungkin tidak akan memberikan respons sesuai dengan yang Anda inginkan, tapi mentalitas seperti itu akan menguntungkan Anda ketika Ladies benar-benar terjun ke dalam dunia kerja nantinya.

  • Segera Lakukan Follow-up

Sudah tenang? Sekarang saatnya Anda mengirimkan email follow-up dengan format dan email attachments yang benar. Untuk mencegah kesan bahwa Anda tengah mengirimkan pesan spam, Anda dapat menuliskan pesan yang menjelaskan bahwa Anda tanpa sengaja mengirimkan resume atau email lamaran kerja yang salah sebelumnya. Jangan lupa tetap gunakan bahasa yang formal dan sopan.

.3649 Ups, Salah Kirim Surat Lamaran Kerja- Baca Ini Dulu (A)

  • Manfaatkan Thank You Note

Walaupun tidak wajib, tapi email Thank You Note bisa membuat Anda terlihat appealing di mata perusahaan. Thank You Note biasanya dikirim setelah Anda memenuhi panggilan interview, dan itu bisa Anda gunakan sebagai media permintaan maaf atas kealpaan Anda. Paling tidak itu dapat meluruskan kesalahpahaman yang mungkin muncul saat mereka membaca surat lamaran kerja Anda.

  • Let It Go

Last but not least, let it go. Setelah Ladies melakukan usaha di atas, kini saatnya Anda berpasrah diri dan mengharapkan hal terbaik. Kesalahan tersebut sudah menjadi bagian dari masa lalu, dan Anda pun sudah berusaha sebaik mungkin untuk memperbaikinya. Tidak ada lagi hal yang bisa Anda lakukan, kan? Jadikanlah kesalahan Anda sebagai suatu pelajaran agar Anda dapat lebih berhati-hati di kemudian hari.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR