Saat Rekan Kerja Mengobrol tentang Politik, Lakukan Ini

Saat Rekan Kerja Mengobrol tentang Politik, Lakukan Ini

12
0
BAGIKAN

Tahun 2019 nanti, Indonesia akan kembali memperingati perayaan politik aka Presidential Election. Sekali lagi hawa politik negara kita kembali memanas, dan hampir semua orang terbagi menjadi 2 kubu oposisi besar. Dalam sekejap, semua orang mulai beropini seakan-akan mereka ahli politik.Topik politik mendadak jadi topik paling hangat dibahas tidak hanya di medsos, tapi juga saat family gathering hingga merembet ke lingkungan kantor.

Ladies juga pasti pernah berurusan dengan “ahli politik” dadakan tersebut di tempat kerja, yang hampir setiap hari memperbincangkan masalah-masalah politik. Tak hanya menjemukan, obrolan seperti itu sudah pasti akan menyinggung satu pihak, Anda juga pasti tak ingin kehilangan rekan kerja hanya karena pilihan politik yang berbeda kan? Bagaimana sih cara mengatasi rekan kerja yang gila politik?

  • Tahan Diri untuk Tidak Ikut Arus

Granted, Anda sendiri mungkin senang berdiskusi tentang isu-isu politik. Tapi menunjukkan opini politik pada pihak yang jelas-jelas berseberangan bisa berdampak pada debat kusir yang seringkali membuat kedua belah pihak jadi saling memusuhi. Jadi kecuali rekan kerja Anda punya pandangan politik yang sama, atau dapat menghormati perbedaan pendapat, better not going to that direction.

  • Pintar-pintar Mengalihkan Topik Pembicaraan

Bagaimana kalau Anda sudah terlanjur terjebak atau rekan kerja Anda terus memancing respons Anda? Well in that case, Ladies harus lebih cerdik dalam mengalihkan topik pembicaraan ke arah yang lain. Amb bil topik yang lebih ringan, seperti merencanakan acara hangout setelah pulang kantor atau topik tentang film bioskop yang sedang hits.

.3625 Saat Rekan Kerja Mengobrol tentang Politik, Lakukan Ini (A)

  • Laporkan pada Manajer atau Staf HR

Jika diskusi politik tersebut berujung pada hostility atau permusuhan, saatnya Anda mengadukan hal tersebut pada pihak manajer atau staf HR. Anda tidak perlu menyebut nama kolega kerja Anda, Ladies hanya perlu menjelaskan garis besar dari apa yang terjadi.

Agar tidak terlalu terkesan seperti Anda tengah mengeluh, Ladies juga bisa menyertakan pandangan Anda tentang bagaimana aktivitas debat politik di dalam kantor bisa berdampak negatif terhadap produktivitas kerja.

  • Berhati-hati Saat Menggunakan Media Sosial

Ladies juga perlu wajib hati-hati saat membagikan opini politik di platform media sosial seperti Facebook dan Twitter, terutama jika rekan kerja Anda ada di dalam daftar pertemanan. Bahkan walaupun Anda ingin ranting soal rasa lelah dan muak gara-gara pembahasan politik yang terus-menerus, ada baiknya Anda menyalakan filter sehingga mereka tidak dapat membaca status update yang Anda bagikan.

Isu politik yang panas pasti akan berlalu, tapi jangan sampai Anda kehilangan hubungan baik antar relasi-kerja gara-gara itu ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR