Vagina Serasa Terbakar, Pertanda Apakah Itu?

Vagina Serasa Terbakar, Pertanda Apakah Itu?

11
0
BAGIKAN

Ladies pastinya paling tidak pernah mengalami sensasi panas dan tidak nyaman pada organ vagina Anda, dan hal tersebut membuat Anda merasa khawatir. Dan ya, Anda perlu paling tidak merasa khawatir mengenai hal itu. Vagina yang terasa panas membakar bukan pertanda yang baik karena itu berarti tubuh tengah mengirimkan sinyal bahwa ada sesuatu yang terjadi pada organ reproduksi Anda.

Tapi bukan berarti Anda harus freak out, Vems. Karena walaupun sensasi vagina yang terasa terbakal itu tidak normal bukan berarti Anda menderita kanker serviks atau kanker rahim. Ada banyak penyebab yang memicu gejala tersebut, jadi tenangkanlah diri anda dan cari tahu di artikel berikut ini yuk.

  • Penyebab Pertama : Infeksi

Penyebab pertama dan juga yang paling umum terjadi dari gejala vagina yang terasa panas membakar adalah, akibat infeksi jamur atau bisa juga disebabkan oleh infeksi BV (bacterial vaginosis).  Infeksi jamur pada vagina disebabkan oleh organisme Candida Albicans dan biasanya terjadi akibat lingkungan area vagina yang lembap atau reaksi alergi terhadap pewangi pada beberapa produk sanitasi wanita.

 

Sedangkan BV adalah jenis STD yang umumnya menyerang perempuan dengan rentang umur 15-44 tahun dengan pola aktivitas seksual aktif. Selain kebiasaan gaya hidup seks bebas, BV juga dapat terjadi pada perempuan yang sering membasuh organ intim mereka dari belakang (anus) ke depan (vagina) sehingga mengakibatkan bacterial imbalance.

.3615 Vagina Serasa Terbakar, Pertanda Apakah Itu- (A)

Selain infeksi jamur dan BV, infeksi saluran kencing (UTI) dan penyakit infeksi menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea pun bisa jadi penyebab vagina yang terasa membakar

  • Penyebab Kedua: Iritasi Akibat Reaksi Alergi

Banyak perempuan modern yang sering menggunakan produk vaginal wipes atau vaginal spray dengan tujuan untuk menjaga kesehatan vagina, tapi sebenarnya itu bisa menimbulkan reaksi yang sebaliknya lho. Begitu juga bagi Vems yang sering mengenakan pantyliner atau pembalut dengan kandungan pewangi, tanpa Anda sadari bahan kimia dari pewangi tersebut dapat mengakibatkan area vagina jadi terkena iritasi. Produk deterjen yang Anda pakai untuk mencuci celana dalam Anda pun bisa mengakibatkan vagina teriritasi lho.

  • Penyebab Ketiga: Vulvodynia

Istilah “Vulvodynia” memang masih terdengar sangat asing di telinga kebanyakan orang. Singkatnya, Vulvodynia adalah rasa sakit yang diderita oleh seorang perempuan di area vulva, yaitu bagian terluar dari vagina. Sampai sekarang para peneliti masih belum mengetahui secara pasti penyebab dari sindrom ini, kemungkinan besar Vulvodynia disebabkan oleh adanya cedera atau iritasi syaraf, faktor genetis, hipersensitivitas terhadap infeksi jamur, reaksi alergi, dan lain sebagainya.

Menjaga kesehatan organ reproduksi seharusnya sudah menjadi bagian dari kesadaran kita. Yuk lebih tingkatkan awareness untuk mencegah masalah kesehatan pada vagina.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR