Tips Agar Tak Cepat Emosi di Tempat Kerja

Tips Agar Tak Cepat Emosi di Tempat Kerja

13
0
BAGIKAN

Seringkali Anda tak akan tahu seberapa tahan bantingnya Anda sebelum memasuki dunia kerja. Di tempat Ladies bekerja pasti akan menemukan berbagai macam orang dengan perilaku yang bermacam-macam, tak jarang tingkah mereka membuat Anda merasa annoyed. Belum lagi dengan deadline laporan dan tuntutan-tuntutan kerja lainnya yang mendorong Anda di batas kesabaran.

Breathe, Vems. yang namanya kehidupan kerja memang tak selamanya soal gajian tiap bulan atau bercengkrama dengan coworkers Anda. Akan ada saatnya Anda diterpa dengan berbagai macam masalah yang menguji kesabaran, tapi itu semua ada untuk menempa kemampuan Anda dalam mengelola emosi bahkan di saat paling genting sekalipun. Simak tips agar Anda bisa tetap sabar dan membuat pekerjaan Anda tetap terasa menyenangkan.

  • Tetap Tenang

Sekilas poin satu ini terkesan klise dan tidak membantu sama sekali, lagipula siapa sih yang bisa tetap ‘tenang’ saat Anda diterpa deadlines dadakan sedangkan bahan untuk presentasi belum lengkap? Okay, but hear me out! Justru dengan melampiaskan rasa amarah dan frustrasi Anda pada orang lain (terlebih rekan kerja) akan membuat keadaan makin runyam. Masih untung jika mereka mau mengerti, bagaimana jika rekan Anda merasa tersinggung? Bisa-bisa hubungan Anda dengan mereka tak lagi rukun (padahal networking dalam dunia kerja sangat penting lho!).

Makanya, ketika Anda merasa panik atau overwhelmed cobalah untuk duduk tenang dan atur napas Anda. Atur agar ekspresi wajah Anda senetral mungkin. Dengan memberikan waktu sejenak untuk menenangkan diri, Vems jadi lebih bisa bereaksi dan memberikan keputusan dengan kepala jernih kan?

woman-meditating-by-Healthista.com-

  • Ambil Time Out

Ketika tips di atas ternyata tak manjur, pergilah ke kamar mandi atau ke ruangan yang lebih sepi untuk menjernihkan pikiran. Begitu juga ketika Anda dibuat jengkel dan kata-kata kasar sudah mulai ada di ujung lidah. Karena sebenarnya emosi negatif akan mereda dengan sendirinya, tapi tidak demikian dengan kata-kata yang sudah terlanjur terlontar. Jangan sampai menyesal dengan kata-kata yang Anda sendiri tidak bermaksud untuk mengatakannya ya?

  • Curhat dengan Teman yang TIDAK Sekantor

Ketika Anda sedang merasa sebal dengan bos atau salah satu coworker, pastinya sangat menggoda untuk langsung meluapkan rasa kesal Anda pada rekan kerja terdekat Anda. Mereka pastinya sangat memahami amarah yang saat ini Anda rasakan. As tempting as it might be, don’t. Karena ketika Anda mencurahkan kekesalan Anda akan seseorang yang bekerja di instansi yang sama dengan Anda, pastinya rasa kesal tersebut akan merembet pada rekan-rekan kerja yang lain. In the end, hal tersebut membuat suasana kerja menjadi kurang kondusif.

Alternatif yang paling cerdas dan dewasa adalah curhat dengan sahabat Anda yang tidak bekerja di tempat yang sama. Tak hanya teman Anda bisa memberikan saran yang lebih netral, Anda juga akan terhindar menjadi sumber negativity di tempat kerja.

Saran terakhir, dan yang bisa jadi paling ampuh untuk meredam emosi Anda adalah: Tidak ada seorangpun yang sempurna. Jadi Vems selalu punya pilihan untuk memaafkan kekurangan yang dimiliki atasan atau kolega kerja Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR