4 Hal Ini Pertanda Ladies Wajib Hubungi Gynecologist Anda

4 Hal Ini Pertanda Ladies Wajib Hubungi Gynecologist Anda

13
0
BAGIKAN

Ginekologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang fokus terhadap kesehatan organ reproduksi, seseorang yang berkecimpung di bidang tersebut disebut dengan gynecologist. Di negara-negara maju, melakukan check up untuk menjaga kesehatan organ reproduksi sudah sangat umum dilakukan. Tapi sayangnya, di negara kita ini masih banyak orang-orang yang ragu untuk berkonsultasi dengan gynecologist di kota mereka.

Alasannya? Ada bermacam-macam, Vems. Sex Education masih kurang digalakkan di negara ini karena masih dianggap sebagai hal yang tabu. Jadi jangan heran jika anggapan bahwa hanya seseorang dengan gaya hidup seks bebas saja yang bakal menderita penyakit seksual. Gaya hidup seks bebas memang jadi salah satu faktor pemicunya, tapi masih banyak lagi lho pemicu penyakit seksual. Makanya, Ladies wajib melakukan pemeriksaan rutin dengan gynecologist Anda, terutama jika Anda mengalami gejala-gejala berikut ini.

  • Rasa Sakit pada Area Perut dan Pinggul

Kalau Ladies hanya mengalami rasa sakit pada perut dan pinggul sesekali saja seperti saat menjelang datang bulan, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tapi kalau rasa sakit yang Anda rasakan terasa sangat menyiksa dan terjadi dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda segera menyusun appointment dengan gynecologist.

Rasa sakit pada area perut dan pinggul bisa jadi merupakan sinyal dari tubuh bahwa ada yang salah dengan organ reproduksi Anda. Penyebab dari rasa sakit tersebut bisa jadi akibat munculnya kista (miom) pada rahim Anda, endometriosis, uterine fibroid atau bahkan kehamilan ektopik yaitu kehamilan yang terjadi di luar organ rahim. Semakin cepat Anda mendapatkan treatment, semakin baik. Karena jika terlambat ada kemungkinan penyakit tersebut bisa mengakibatkan Ladies susah mengandung lho.

.3592 Hal Ini Pertanda Ladies Wajib Hubungi Gynecologist Anda (A)

  • Pendarahan yang Terjadi di Luar Siklus Menstruasi

Yang Vemine maksud di sini bukan occassional spotting yang kadang-kadang Ladies dapatkan lho. Pendarahan yang dimaksud di sini adalah pendarahan dengan intensitas yang lebih deras dan Anda juga sering merasakan sakit karenanya. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab di balik gejala tersebut, mulai dari adanya luka pada organ vagina Anda, keguguran jika saat itu Anda sedang hamil, atau bahkan gejala dari kanker serviks atau kanker rahim.

  • Keputihan yang Tidak Normal

Berlawanan dari yang dipercaya banyak orang, keputihan sebenarnya adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan organ vagina. Tapi ada kalanya keputihan juga bisa membantu Vems mendeteksi masalah yang terjadi pada organ reproduksi Anda. Ingat, warna keputihan yang terhitung “normal” adalah berwarna bening dan tidak berbau. Jika keputihan Anda menunjukkan gejala warna seperti kuning, hijau, dan abu-abu, dan disertai dengan rasa gatal dan sensasi terbakar pada area vagina.

  • Aktivitas Seks yang Menyakitkan

Waspadalah jika Anda mengalami rasa sakit saat Anda tengah melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda. Rasa sakit pada area pinggul dan vagina bisa jadi disebabkan oleh vagina yang kering, bisa juga merupakan gejala dari infeksi  hingga fibroid.

Itulah kenapa Anda wajib memeriksakan kesehatan organ reproduksi ke gynecologist tiap tahun, apalagi jika Ladies termasuk orang yang aktif secara seksual. Better be safe than sorry, kan?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR