Sebelum Pasang IUD, Ladies Wajib Tahu Ini

Sebelum Pasang IUD, Ladies Wajib Tahu Ini

61
0
BAGIKAN

IUD atau IntraUterine Device adalah alat kontrasepsi yang paling ampuh untuk mencegah kehamilan. Ladies wajib mempertimbangkan untuk memasang IUD apabila Ladies termasuk seseorang yang sexually active dan tidak menginginkan kehamilan dalam jangka waktu tertentu. IUD dinilai sebagai pilihan yang paling tepat buat Ladies yang menginginkan alat kontrasepsi yang low-maintenance dan hemat biaya karena Anda tak harus mengulang setiap beberapa bulan. Jika dibandingkan dengan KB suntik dan pil KB, IUD memiliki resiko yang lebih kecil walaupun sudah pasti harga yang dipatok pun jauh lebih mahal.

Apakah IUD sesuai dengan apa yang Ladies cari? Tunggu dulu! Anda wajib tahu Top 3 hal berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk mengambil pilihan kontrasepsi satu ini. Simak yuk.

  • Ada Lebih dari 1 Jenis IUD

Ternyata, kontrasepsi IUD memiliki banyak jenis lho Vems. Tiap tipe IUD memiliki masa berlaku yang berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi. 4 tipe IUD tersebut adalah Liletta, Skyla, dan Mirena. Liletta dan Skyla adalah jenis IUD dengan masa berlaku selama 3 tahun. Kedua tipe IUD tersebut memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan jenis IUD lainnya.

Untuk daya tahan yang lebih lama, Ladies bisa memilih tipe Mirena atau non hormonal IUD tembaga. Mirena adalah jenis klasik dari IUD yang dapat tahan hingga 5 tahun. Umumnya, IUD ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah pernah melahirkan sebelumnya.

Sedangkan versi non-hormonal memiliki daya tahan paling lama, yaitu hingga 10 tahun. Namun dibandingkan dengan versi hormonal, IUD tipe ini akan terasa sangat menyakitkan dan disertai dengan masa menstruasi yang jauh lebih panjang.

.3601 Sebelum Pasang IUD, Ladies Wajib Tahu Ini (A)

  • Proses Pemasangan yang Menyakitkan

Beware, proses pemasangan IUD akan terasa sangat menyakitkan. Gynecologist Anda akan memulai dengan memasukkan alat spekulum ke dalam vagina, dan dari situ Anda akan merasakan sedikit rasa sakit. Baru setelah itu tabung panjang berisi IUD akan dimasukkan ke dalam vagina.

Saat dokter membuka kedua sayap IUD, di saat itulah Anda akan merasakan rasa sakit yang teramat sangat yang hampir serupa dengan rasa sakit saat Anda melahirkan. Untungnya rasa sakit tersebut hanya berlangsung selama 1-2 menit saja.

  • Dan Anda Akan Merasakan Kram Selama 4-6 Minggu Setelahnya

Jika Ladies kira penderitaan Anda telah selesai, you’re dead wrong. Selama 4-6 minggu pasca pemasangan IUD Anda akan merasakan kram perut yang membuat perut Anda serasa penuh. Anda bisa mengkonsumsi obat painkiller untuk meringankan rasa sakit tersebut, tapi ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk solusi yang terbaik.

Still, jika dibandingkan dengan metode kontrasepsi lainnya IUD merupakan pilihan yang paling tepat dan paling aman buat Anda. Just a little pain won’t kill you! Jadi jangan ragu-ragu untuk memilih IUD

untuk alat kontrasepsi Anda ya, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR