Perlukah Perempuan Menuntut Kenaikan Gaji?

Perlukah Perempuan Menuntut Kenaikan Gaji?

10
0
BAGIKAN

Sudah jadi rahasia umum bahwa terlepas dari semakin meningkatnya peran para perempuan di dunia kerja, jumlah upah yang kita terima selalu lebih rendah dari pegawai pria. Hal itu dikarenakan masyarakat masih beranggap bahwa pria adalah tulang punggung keluarga, padahal kita tahu bahwa di masa kini pandangan seperti itu sudah tak bisa lagi dijadikan patokan.

Walaupun gerakan yang menuntut equal payment mulai bangkit di berbagai daerah, dari pihak pekerja perempuan sendiri sering merasa ragu-ragu untuk mengajukan hak mereka. Banyak dari mereka takut dicap sebagai seseorang yang serakah atau agresif sehingga mereka cenderung urung untuk menegosiasikan upah kerja yang mereka terima. Tak heran, dari tahun ke tahun jurang payment gap antara laki-laki dan perempuan jadi semakin lebar.

Haruskah Anda menuntut pembayaran yang setara? Jawabannya tergantung situasi yang Anda hadapi. Lakukanlah riset secara menyeluruh mengenai posisi pekerjaan Anda sekaligus upah yang diterima secara umum. Jika hasil dari riset tersebut menunjukkan bahwa salary yang Anda terima sudah sesuai dengan pengalaman dan standar UMR di kota Anda, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak menuntut kenaikan gaji kecuali jika distribusi Anda memberikan manfaat yang besar terhadap perusahaan.

.3516 Perlukah Perempuan Menuntut Kenaikan Gaji- (A)

Jika penelitian menunjukkan bahwa upah yang Anda terima berada di bawah penghasilan rata-rata dari profesi yang sama, tidak ada salahnya lho untuk menegosiasikan gaji dengan atasan Anda. Tentu saja, untuk mengajukan kenaikan gaji ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Most likely perusahaan bersedia untuk menaikkan upah kerja Anda begitu Ladies mampu menunjukkan pengalaman, skills dan passion yang Anda miliki.

Umumnya banyak perusahaan swasta yang membolehkan pegawainya untuk menegosiasikan gaji. Saat proses perundingan, Anda akan diminta menyebutkan estimasi upah yang Anda inginkan. Hati-hati, jangan sampai menyebutkan nominal yang terlalu rendah, or unrealistically high. Jadi selalu bekali diri Anda dengan hasil riset mengenai salary range dalam bidang pekerjaan Anda, dan buat nominal upah yang realistis berdasarkan riset tersebut.

.3516 Perlukah Perempuan Menuntut Kenaikan Gaji- (B)

Ingat, upah dalam bentuk uang bukan satu-satunya keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan. Ada baiknya Anda juga mengajukan benefits lain, contohnya seperti fleksibilitas jam kerja buat Ladies yang sudah berumahtangga. Jika Ladies merasa overwhelmed dengan tanggungan pekerjaan yang Anda lakukan, Anda juga bebas mencoba meminta keringanan workloads. Di beberapa perusahaan, Anda bahkan bisa meminta diperbanyaknya jatah cuti liburan.

Ada kalanya usaha Anda tidak berhasil kali ini, tapi janganlah berputus asa! Anda bisa meminta bentuk kompensasi dalam bentuk benefits lain, atau dengan meminta evaluasi rutin untuk meningkatkan prestasi Anda. Most of all, selalu rajin untuk melakukan research pekerjaan untuk menemukan perusahaan yang bersedia memberikan upah yang sepadan.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR