Waspada! Ini 4 Tanda Boss Anda Adalah Seorang Psikopat

Waspada! Ini 4 Tanda Boss Anda Adalah Seorang Psikopat

17
0
BAGIKAN

Bayangan apa yang melintas di pikiran Anda mengenai kata “bos psikopat”, Vems? Apakah Anda langsung membayangkan atasan misterius yang diam-diam membawa sebilah pisau kemanapun ia pergi, dan menyimpan potongan mayat di balik lemari kerjanya?  Well, di dunia nyata, sifat seorang psikopat justru jauh dari itu lho. Bahkan bisa jadi tanpa Anda sadari, Anda sebenarnya tengah bekerja untuk seorang psikopat.

Memiliki atasan seorang psikopat tentu berdampak buruk terhadap kondisi psikologis Anda. Psycopaths are basically toxic, besar kemungkinan Anda bahkan jadi tidak betah bekerja di perusahaan Anda saat ini gara-gara dia. Kalau atasan Anda memiliki sifat-sifat berikut ini, besar kemungkinan Anda tengah bekerja di bawah pimpinan seorang psychopath.

  • Mereka Memiliki Kepribadian yang Mempesona

Bagaimana seseorang yang sedemikian toxic bisa memperoleh jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan? Itu karena mereka memiliki kepribadian yang charming. Seperti yang sudah ditegaskan di atas, seorang psikopat di dunia nyata justru memiliki kemampuan sosialisasi yang sangat baik.

Ia tahu benar cara menciptakan image yang baik dan menyenangkan di hadapan semua orang. Ia selalu punya cara untuk memanipulasi perasaan orang lain, bahkan ketika di hadapan bawahannya ia sudah mulai menunjukkan wujud sesungguhnya.

  • Mereka Suka Kebiasaan Mengontrol

Untuk mengontrol agar pekerjaan yang dilakukan selesai tepat waktu memang jadi tugas dari seorang manajer. Tapi seorang psikopat sangat gemar mengatur bahkan hal-hal terkecil dalam pekerjaan Anda. Mereka merasa kuat karena mereka memiliki kontrol terhadap segala hal, dan jika Anda mencoba untuk melakukan sesuatu di luar persetujuan mereka, mereka bakal marah besar.

.3518 Waspada! Ini Tanda Boss Anda Adalah Seorang Psikopat (A)

  • Mereka Gemar Mengambil Tindakan Ekstrim

Otak seorang psikopat bekerja dengan cara yang berbeda dari cara berpikir orang lain pada umumnya. They are seeking for thrills, dan seringkali mereka mengambil suatu keputusan tanpa melalui proses pertimbangan secara matang.

Berbeda dari seorang risk-taker yang mempertimbangkan keuntungan dan kerugian sebelum mengambil keputusan, seorang psikopat adalah seseorang yang impulsif. Tak jarang keputusan mereka kemudian merugikan orang lain.

  • Mereka Suka Melepas Tanggung Jawab

Ironisnya, psikopat tidak pernah mau bertanggung jawab terhadap konsekuensi yang mereka sebabkan. Mereka punya kebiasaan untuk menjadikan diri sendiri sebagai korban dari keadaan atau malah menyalahkan pihak-pihak lain. Sebagai seorang ahli manipulasi, atasan Anda selalu memiliki 1001 alasan untuk menjatuhkan orang lain sedangkan menjaga agar nama baiknya tetap bersih.

Jika damages yang dihasilkan oleh atasan Anda sudah terlalu besar, mungkin sudah saatnya Anda mencari pekerjaan baru dengan suasana kerja yang jauh lebih friendly. Atau paling tidak, pintar-pintarlah untuk menghadapi atasan Anda tersebut. Selamat berjuang, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR