Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay

Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay

13
0
BAGIKAN

Cosplay (コスプレ – kosupure) adalah salah satu urban trend yang mana Anda dapat menjelma menjadi karakter film, anime,  buku, dan videogame favorit Anda. Dimulai di Jepang pada tahun 1984, tren ini langsung menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia sejak tahun 1990 hingga saat ini. Seseorang yang mengenakan kostum karakter tersebut disebut dengan cosplayer, yang kemudian membentuk suatu komunitas cosplay.

Cosplay adalah aktivitas yang menyenangkan, baik bagi cosplayer maupun bagi orang-orang yang menyaksikan mereka. Sayangnya, bahkan dalam ranah inipun tak luput dari isu rasisme. Banyak cosplayer berkulit hitam menerima kritik pedas karena mereka memerankan tokoh yang dalam desain aslinya tidak memiliki skin tone gelap, hingga muncullah Kiera Please.

Kiera Please adalah seorang beauty blogger  sekaligus cosplayer dengan lebih dari 300,000 followers. Ia adalah salah satu cosplayer yang dengan berani mendobrak stereotype rasial dalam dunia cosplay dengan bercosplay sebagai female characters berkulit gelap. Sekeren apa? Simak yuk!

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (A)

HunterxHunter adalah anime genre shounen karangan Yoshihiro Togashi yang terkenal di tahun 1999. Please memutuskan untuk ber-cosplay sebagai salah satu tokoh di dalam anime tersebut yang bernama Canary.

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (B)

Ladies penggemar film Disney pasti pernah menonton film animasi Lilo and Stitch kan? Bagaimana menurut Anda Vems? Seberapa akurat penggambarannya akan tokoh Nina, kakak Lilo ini?

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (C)

Kali ini ia meniru Kida, yaitu tokoh protagonist dalam film garapan Disney “Atlantis”.

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (D)

Penggemar console games at least pernah memainkan game “Dream Daddy”. Menurut Ladies, apakah ia sudah mirip dengan karakter Amanda dalam game tersebut?

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (E)

Steven Universe adalah film animasi yang sangat booming di kalangan penggemar film animasi Amerika. Please membuat fanbase film tersebut heboh ketika ia mengunggah fotonya tengah bercosplay sebagai Garnet.

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (F)

Satu lagi cosplay dengan referensi film animasi Steven Universe. Kali ini ia bercosplay sebagai tokoh Stevonnie.

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (G)

Please juga sempat bercosplay sebagai dua dari 7 tokoh Muse di dalam film animasi Hercules. Yang pertama ia meniru Calliope. . .

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (H)

. . . dan yang kedua adalah Melpomene.

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (I)

Dan karena ia berusaha memutus stigma bahwa “kau harus berkulit putih untuk bercosplay karakter berkulit putih”, ia memutuskan untuk bercosplay sebagai karakter Chun Li dari game Street Fighter.

.3504 Beauty Blogger Ini Patahkan Isu Rasial dalam Dunia Cosplay (J)

Begitu juga ketika ia bercosplay sebagai tokoh penyihir Winifred Sanderson dari film Haloween legendaris berjudul “Hocus Pocus”.

Tertarik melihat lebih banyak cosplay (dan hair inspirations) menarik dari Kiera Please? Ladies wajib follow @kieraplease di Instagram.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR