Ini 5 Hal yang Tak Perlu Ada di Resume Anda

Ini 5 Hal yang Tak Perlu Ada di Resume Anda

32
0
BAGIKAN

Membuat high-quality resume memang tidak mudah, Vems. Resume menjadi media awal yang Anda gunakan untuk memikat hati employer agar memanggil Anda untuk interview kerja. Anda ingin memperkuat kesan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi pekerjaan tersebut, tapi resume yang terlalu panjang dan bertele-tele justru bisa membuat resume Anda tersisihkan. Ingat, pihak perusahaan perlu secepatnya melakukan screening kandidat sehingga mereka biasanya mencari kandidat dengan resume yang singkat, padat dan berkualitas. Sehingga mereka biasanya hanya menyediakan waktu 30 detik untuk membaca tiap resume.

It’s tough but you can do it, Vems! Perbesar peluang resume Anda diterima dengan menghindari 5  hal berikut yuk.

  • Resume dengan Paragraf Panjang tanpa Poin-Poin

Anda mungkin menganggap bahwa resume dengan rentetan paragraf panjang bakal membuat resume Anda terlihat lebih berisi. Untuk mempersingkat waktu, biasanya pihak perusahaan hanya skim-reading saja.

Dampaknya,  semakin besar pula potensi keunggulan skills dan pengalaman kunci Anda justru terlewati. Untuk membantu mengarahkan mereka ke kualifikasi kunci Anda, cobalah untuk menerapkan sistem bullets untuk menandai tiap-tiap keunggulan dan pengalaman kerja Anda.

  • Deskripsi Umum tentang Job Description Anda

Kecuali Ladies tahu benar kontribusi Anda terhadap pekerjaan tersebut, Anda tidak perlu menyertakan deskripsi pekerjaan Anda sebelumnya. Yang ingin pihak perusahaan ketahui adalah bagaimana skills yang Anda miliki di posisi tersebut memberikan manfaat dan hasil nyata. Jadi lebih berfokuslah terhadap deskripsi prestasi yang Anda capai daripada hanya mendeskripsikan pekerjaan Anda.

  • Pengalaman atau Prestasi yang Tak Relevan

Jika Anda melamar posisi Manajer Keuangan di sebuah perusahaan, pastinya tak masuk akal kalau Anda menyertakan pengalaman saat Anda bekerja sebagai wartawan di sebuah kantor surat kabar 5 tahun yang lalu.

.3488 Ini 5 Hal yang Tak Perlu Ada di Resume Anda (A)

Pengalaman kerja yang Anda sertakan wajib berkaitan dengan posisi atau jabatan yang Anda lamar. Pastikan bahwa tidak ada jeda yang terlalu panjang dari pengalaman kerja tersebut. Skill sets yang Anda miliki pun harus sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda incar. Anda ingin meyakinkan pihak employer bahwa Anda adalah kandidat yang tepat, kan?

  • Kesalahan Pengejaan atau Penyusunan Struktur Kata yang Tepat

Semua perusahaan menilai writing skill tiap kandidat melalui resume mereka. Tidak hanya dari segi bahasa saja, Vems. Kemampuan Anda mengeja tiap kata dengan benar dan penyusunan struktur kalimat juga jadi poin yang krusial. Kesalahan grammar dan punctuations membuat resume Anda terlihat sloppy dan tidak profesional. Vemine sarankan untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman untuk mengoreksi tulisan Anda.

  • Hobi

Kecuali jika hobi Anda berhubungan langsung dengan skills yang dibutuhkan, Anda tidak perlu menceritakan tentang hobi-hobi Anda.

Ingat! saat membuat resume, fokuslah terhadap skills dan pencapaian kerja Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR