Menstrual Cup, Alternatif Sahabat Wanita tiap Datang Bulan

Menstrual Cup, Alternatif Sahabat Wanita tiap Datang Bulan

14
0
BAGIKAN

Menstruasi sudah jadi teman setia wanita setiap bulannya, mulai dari usia remaja awal hingga sebelum menopause. Apabila di Indonesia Anda dekat dengan pemakaian pembalut, tampon jadi pendamping wanita di beberapa negara di luar negeri tiap kali haid. Kini telah hadir menstrual cup untuk membuat masa menstruasi Anda lebih nyaman. Menstrual cup sendiri diklaim sebagai solusi higienis dan ramah lingkungan bagi wanita haid. Penasaran, Vems?

Menstrual cup ternyata telah dicetuskan pertama kali pada tahun 1932 di Amerika Serikat. Piranti kewanitaan tersebut awalnya nampak sebagai bagian dari gerakan underground hippies. Selanjutnya, menstrual cup mulai tenar sebagai solusi pendamping wanita saat haid yang sama baiknya dengan makanan bergizi dan produk perawatan kecantikan terpercaya lainnya. Meski isu higienis dan ramah lingkungan dari penggunaan menstrual cup sudah tak diragukan lagi, masih banyak wanita yang enggan memakainya di kala haid.

Meski memasukkan menstrual cup sekilas terlihat tak nyaman, menstrual cup nyatanya bisa digunakan secara sehat selama 12 jam non stop tanpa diganti. Menstrual cup tentunya menjadi solusi pendamping wanita saat menstruasi agar dapat nyaman beraktivitas di siang hari maupun tidur nyenyak di malam hari tanpa takut bocor. Pemakaian menstrual cup juga akan mencegah Anda terjangkit TSS (Toxic Shock Syndrome) dari bakteri berbahaya seperti Staphylococcus aureus, karena bahan silikon menstrual cup hanyalah menampung darah haid Anda, alih-alih menyerap seperti tampon atau pembalut.

Dari segi ekologis, penggunaan pembalut atau tampon tentu berpotensi mencemari lingkungan karena rata-rata wanita akan menghasilkan sekitar 14.000 sampah produk kewanitaan seumur hidupnya. Selain membutuhkan waktu ratusan tahun untuk mengalami dekomposisi alami, sampah pembalut dan tampon juga berisiko menyebarkan zat kimiawi berbahaya ke ekosistem. Risiko kerusakan lingkungan tersebut tentu dapat dihindari apabila Anda memilih memakai menstrual cup yang cenderung dapat digunakan dengan aman dan sehat hingga jangka waktu 10 tahun.

Tak hanya higienis dan ramah lingkungan, pemakaian menstrual tentunya bersifat ekonomis bukan? Coba ingat kembali, berapa banyak anggaran yang harus Anda sisihkan setiap bulan hanya untuk bersiap menghadapi haid dengan nyaman? Dengan adanya menstrual cup, anggaran belanja pembalut atau tampon bisa Anda gunakan untuk membeli beberapa menstrual cup berkualitas dan mengalokasikan keuangan Anda secara lebih bijak untuk keperluan hidup yang lainnya.

Menstrual cup hadir dalam 2 jenis saja, yakni bagi wanita sebelum dan sesudah melahirkan. Keduanya juga bergantung pada volume aliran darah Anda tiap kali menstruasi. Artinya, Ladies kini tak perlu bingung tiap kali belanja bulanan karena harus memilih produk pembalut atau tampon terbaik untuk beraktivitas di siang hari maupun pembalut bersayap ekstra lebar untuk tidur di malam hari.

Nah, Vems, kini Anda sebaiknya segera berinvestasi dengan membeli beberapa menstrual cup. Mulailah belajar mengenakan gelas silikon mungil nan lembut tersebut dan rasakan pekan menstruasi yang tetap nyaman, sehat, dan ekonomis.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR