#AskMoreOfHim, Kampanye Kesetaraan ala Seleb Pria Hollywood

#AskMoreOfHim, Kampanye Kesetaraan ala Seleb Pria Hollywood

14
0
BAGIKAN

Sejak mencuatnya kasus yang melibatkan Harvey Weinstein, salah satu petinggi industri perfilman Hollywood, kasus pelecehan seksual dan ketidaksetaraan gender menjadi isu panas yang terus digoreng. Nyatanya, terdapat banyak kasus serupa yang satu-persatu mulai terungkap dan mencoreng muka kiblat jagad hiburan dunia tersebut. Setelah gerakan #MeToo dan #TimesUp, aktivis anti pelecehan seksual dan pendukung kesetaraan gender kian gencar menggaungkan dukungan kepada para korban dan membuka mata dunia bahwa Hollywood bukanlah berisi gegap gempita selebritas semata.

Tak hanya seleb wanita korban predator seks Hollywood serta para aktivis, seleb pria nampaknya tak mau kalah menunjukkan dukungan mereka terhadap gerakan yang satu ini. Seakan menegaskan bahwa sudah waktunya pria berjalan beriringan dengan wanita dalam menghapuskan kekerasan seksual dan ketidaksetaraan gender, beberapa seleb pria Hollywood bergabung dengan satu lagi gerakan serupa bertajuk #AskMoreOfHim. Perjuangan menuju industri hiburan Hollywood yang lebih melek kesetaraan dan bebas dari tragedi pelecehan seksual tersebut dipelopori oleh beberapa insan perfilman mulai dari produser, penulis, hingga aktor.

Matt McGorry hingga David Schwimmer yang tenar lewat sitcom Friends, misalnya, baru-baru ini merilis surat terbuka mengenai gerakan #AskMoreOfHim yang diterbitkan dalam media The Hollywood Reporter. Surat terbuka tersebut diawali dengan pernyataan menggugah hati dengan memuji seluruh wanita, pria, dan individu gender neutral pemberani yang telah maju dan membagikan pengalaman mereka sebagai korban kekerasan seksual di tangan para predator. Para pencetus gerakan #AskMoreOfHim mengaku bangga dan kagum akan kekuatan dan komitmen para aktivis dan sukarelawan dalam mengungkap kebenaran.

Tak hanya menyatakan kekaguman, surat tersebut menegaskan bahwa pujian saja tidaklah cukup. Pria sebagai kelompok yang memiliki privilege dibandingkan kaum wanita dan kelompok gender lainnya sudah saatnya turut bergabung dalam gerakan menghapuskan kekerasan seksual dan ketidaksetaraan gender. Privilege yang dimiliki kaum pria sudah seharusnya dimanfaatkan untuk memastikan bahwa kekerasan semacam itu tak lagi dapat diterima di dunia, termasuk di industri hiburan Hollywood. Gerakan #AskMoreOfHim juga percaya bahwa kekerasan seksual dan ketidaksetaraan gender terjadi dari ranah terkecil dan hal paling sederhana seperti ungkapan seksis, komentar melecehkan, hingga tindak kriminal seperti kekerasan domestik dan pelecehan seksual.

Gerakan #AskMoreOfHim ini nampaknya muncul sebagai jawaban akan gerakan #MeToo pada perhelatan Golden Globes 2018 yang tak melibatkan para pria dari insan perfilman, meski beberapa kaum adam nampak mengenakan pin Time’s Up untuk menunjukkan solidaritas. Gerakan #AskMoreOfHim itu sendiri mendapatkan sambutan positif dari sesama seleb wanita dan aktivis lainnya.

Aktris Jessica Chastain menuturkan dalam akun Twitternya bahwa dirinya sangat tergugah serta berterimakasih atas surat tersebut. Chastain juga berharap dengan adanya surat tersebut, semakin banyak insan perfilman Hollywood yang bergabung dalam gerakan #AskMoreOfHim untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat dan terbebas dari kekerasan seksual serta  ketidaksetaraan gender. Pesan serupa sudah seharusnya disebarkan ke seluruh aspek kehidupan mulai dari ranah personal hingga publik seperti dunia kerja, olahraga, serta politik, demikian tutur penulis Soraya Chemaly.

Semoga gerakan #AskMoreOfHim kali ini bukanlah yang terakhir, namun menjadi awal bagi dunia yang lebih setara dan tanpa kekerasan.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR