Sudah Tahu Plus-Minus dari Bekerja di Perusahaan Startup?

Sudah Tahu Plus-Minus dari Bekerja di Perusahaan Startup?

20
0
BAGIKAN

Ladies, apa sih tujuan Anda bekerja? Pastinya, jawaban yang Anda berikan cukup bermacam-macam. Mendapatkan upah kerja yang cukup, work-life balance, dan pertumbuhan karir adalah beberapa di antaranya. Tiap generasi memiliki prioritas tersendiri. Jika generasi orangtua Anda mementingkan jumlah uang yang didapatkan, maka bisa jadi Anda mencari hal yang berbeda dari pekerjaan Anda, contohnya seperti pertumbuhan karir dan kepuasan kerja. Itulah alasan mengapa kebanyakan generasi Milenial justru banyak yang betah berkecimpung di perusahaan startup, dan ternyata inilah alasannya.

  • Perusahaan Startup Memberikan Pengalaman Kerja yang Unik

Berbeda dari perusahaan pada umumnya yang memiliki atmosfir formal, startup company justru menawarkan lingkungan kerja yang santai. Mereka menyadari bahwa lingkungan kerja yang rileks dapat membantu menstimulasi para pekerjanya untuk berpikir kreatif dan melahirkan inovasi-inovasi mengagumkan. Walau mungkin fasilitas yang disediakan belum semewah kantor Google, perusahaan startup Anda biasanya membolehkan Anda mengenakan busana santai, celana jeans, hingga bahkan menyediakan makanan dan minuman gratis.

  • Perusahaan Startup Menawarkan Kesempatan untuk Tumbuh

Startup company starts small, dan pegawai di dalamnya berperan besar dalam pertumbuhan perusahaan. Anda akan diminta bertanggung jawab atas banyak hal, bahkan tak jarang pekerjaan tersebut di luar job descriptions Anda. Namun itulah yang membuat perusahaan startup jadi wadah yang sempurna untuk mengembangkan soft skills Anda. Ladies tidak perlu khawatir merasa bosan, ada banyak challenges yang menanti Anda.

  • Kepuasan Kerja

Bekerja di perusahaan startup berarti Anda turut memegang andil besar dalam perkembangannya. Itulah yang membuat bekerja di industri ini terlihat appealing. Generasi masa kini tidak hanya bekerja untuk uang, tapi mereka juga merasa bahwa mereka menjadi bagian yang penting dari sesuatu.

.3471 Sudah Tahu Plus-Minus dari Bekerja di Perusahaan Startup- (A)                                                                                    

Tetapi, bekerja di perusahaan startup pun tak selalu menyenangkan. Jadi kalau Anda memilih untuk bekerja di perusahaan startup, ketahuilah bahwa perusahaan tersebut:

  • Tidak Memberikan Gaji Besar

Rewards yang Anda dapatkan tidak selalu berwujud uang. Malah, bekerja di perusahaan startup berarti Anda memiliki pemasukan yang lebih rendah dibandingkan jika Anda bekerja di perusahaan non-startup. Perusahaan startup masih dalam tahap perkembangan, sehingga kebanyakan uang akan mengalir untuk mendanai biaya pengembangan produk, biaya operasi, dan memperkuat customer base.

  • Menimpakan Tanggung Jawab yang Berat

Dengan menjadi bagian sentral dari pertumbuhan perusahaan, secara otomatis Anda akan bertanggung jawab akan banyak hal. Seringkali hal tersebut membuat Anda jadi gampang lelah dan jenuh. Bekerja di bawah tekanan sudah jadi makanan sehari-hari, bahkan tak jarang Anda harus lembur untuk menyelesaikan project. Meraih keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi bisa jadi sangat sulit.

  • Tidak Menawarkan Stabilitas

Perusahaan startup harus selalu berani berkembang mengikuti arus teknologi, karena jika tidak perusahaan tersebut terancam runtuh. Apalagi jika sang founder tidak memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, walaupun ia memiliki sumber dana yang kaya dan ide-ide kreatif. Tidak adanya mentor yang mumpuni juga bisa mengakibatkan struktur perusahaan menjadi mudah goyah.

Sehingga Anda harus siap menerima kenyataan bahwa secinta apapun Anda terhadap perusahaan tempat Anda bekerja, tidak ada jaminan perusahaan tersebut akan bertahan hingga sebesar Google.Apalagi jika usia perusahaan tersebut baru di bawah usia 3 tahun. Menurut penelitian yang dilakukan UC Berkeley & Stanford menunjukkan sekitar 90% dari perusahaan startup gagal dalam 3 tahun pertama mereka.

Jadi, berminatkah Anda untuk bergabung dengan perusahaan startup?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR