Warna-Warni Keanekaragaman Perempuan di NYFW 2018

Warna-Warni Keanekaragaman Perempuan di NYFW 2018

9363
0
BAGIKAN

For ages, model perempuan selalu didefinisikan dengan fitur seperti bentuk tubuh yang tinggi semampai, warna kulit yang putih atau kuning langsat, dan berparas rupawan. Dulu jika Anda memiliki kulit gelap atau badan yang pendek dan gemuk, mimpi Anda menjadi model profesional sekelas Kendall Jenner hanya sekedar mimpi di siang bolong.

Tapi wajah modeling dunia sudah mulai berubah, Vems. Sekarang banyak fashion show yang justru merayakan perbedaan yang dimiliki setiap perempuan. Salah satunya adalah dalam ajang fashion show bergengsi yaitu New York Fashion Week 2018 yang diselenggarakan kemarin. Diversity seperti apakah yang mereka usung?

  • Meningkatnya Keanekaragaman Ras

Sebanyak 36,9% peserta model yang tampil di acara NYFW musim semi kemarin terdiri dari berbagai macam ras dan warna kulit. Dan secara otomatis, event musim tersebut pun memecahkan rekor sebagai season NYFW dengan peserta multi-racial terbanyak sepanjang sejarah. Sayangnya, angka tersebut merosot sekitar 0,4% di acara NYFW Fall 2018. Hal itu dikarenakan brand fashion yang biasanya mengusung model-model dari berbagai macam warna kulit dan ras seperti Tome, Tracy Reese, dan Helmut Lang tidak turut serta di season ini.

.3445 Warna-Warni Keanekaragaman Perempuan di NYFW 2018 (A)

  • Meningkatnya Peserta Transgender

Pengakuan terhadap kaum LGBTQ tercermin melalui meningkatnya peserta model transgender yang tampil di acara NYFW 2018 season ini. Sebanyak 33 perempuan transgender dan non-binary membintangi shows sebanyak 23.

.3445 Warna-Warni Keanekaragaman Perempuan di NYFW 2018 (B)

Bintang model papan atas yaitu Teddy Quinlivan, Carolina Herrera, Oscar de la Renta, dan Alexander Wang. Sedangkan pemilik brand fashion ternama yaitu Marc Jacobs bekerjasama dengan para model trans seperti Hunter Schafer, Massima Lei, Ariel Murtagh, dan Dara Allen. Ini tentunya jadi hal yang sangat membanggakan, karena finally transgender pun dapat berkiprah dan meniti karir di bidang yang mereka suka.

.3445 Warna-Warni Keanekaragaman Perempuan di NYFW 2018 (C)

  • Menurunnya Peserta Model Plus Size

Tapi yang amat disayangkan dari event ini adalah, keikutsertaan perempuan dengan badan plus yang semakin menurun. Rasanya sangat ironis, Ladies. Apalagi mengingat bahwa jumlah peserta interracial dan transgenders yang justru meningkat. Dalam pagelaran NYFW Fall 2018 kemarin saja, sekitar 26 plus sizes model hanya berkesempatan tampil di 8 pertunjukan fashion show. Sangat disayangkan, ya?

.3445 Warna-Warni Keanekaragaman Perempuan di NYFW 2018 (D)

Dan pastinya, Ladies yang selama ini selalu aktif dalam pergerakan membela hak perempuan pasti ingin progress dunia modelling semakin condong ke arah yang positif. Yang artinya, tak ada lagi usaha untuk mengotak-kotakkan perempuan berdasarkan bentuk tubuh, warna kulit dan sebagainya. All women are beautiful, dan tiap orang bisa tampil dengan percaya diri di atas runway. Ya, semoga saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR