Ternyata Ini Yang Membuat Telinga Gatal Meski Sudah Dibersihkan

Ternyata Ini Yang Membuat Telinga Gatal Meski Sudah Dibersihkan

33
0
BAGIKAN

Telinga merupakan alat vital pada tubuh yang harus dijaga kebersihannya. Di dalamnya terdapat serat saraf yang sensitif. Bila terjadi sedikit gangguan akan memberikan reaksi tertentu. Salah satunya adalah rasa gatal. Pernahkah Vems merasa telinga sangat gatal meskipun telah dibersihkan?

Seringkali telinga yang gatal dianggap hal biasa. Padahal hal seperti ini bisa jadu kondisi lain yang serius. Nah, hal-hal berikut ini bisa jadi penyebab paling umum telinga yang gatal meskipun rutin dibersihkan.

Infeksi telinga

Dalam bahasa medis disebut Otitis eksterna. Ini merupakan infeksi pada saluran yang mengubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Kondisi ini juga disebut dengan swimmer’s ear. Sering terjadi pada orang dewasa ataupun anak-anak saat berenang. Selain gatal, Anda juga akan merasakan nyeri, telinga merah, dan bengkak.

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang (kronis) yang menyerang kulit. Gejala psoriasis antara lain adalah ruam memerah, kulit menebal, terkelupas, dan terasa kering serta bersisik. Sel kulit pengidap psoriasis berkembang lebih cepat dari biasanya, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan mengakibatkan kulit kering dan kulit gatal. Kondisi ini bisa terjadi pada kelompok usia 15 – 35 tahun.

Dermatitis saluran telinga

Ternyata Ini Yang Membuat Telinga Gatal Meski Sudah Dibersihkan-a

Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Umumnya kondisi ini dapat terjadi sebagai reaksi alergi terhadap benda asing, seperti penggunaan perhiasan atau produk kecantikan.

Penggunaan alat bantu dengar

Telinga dapat bereaksi alergi terhadap alat bantu dengar yang digunakan. Selain itu, alat ini juga dapat menyebabkan air terjebak di dalam telinga.

Penumpukan lilin telinga

Tubuh kita bisa memproduksi lilin telinga yang akhirnya terjadi penumpukan pada saluran telinga. Lilin ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi telinga bagian dalam dari bakteri dan debu. Ketika Anda menggunakan cotton bud dapat membuat lilin ini justru makin masuk ke dalam telinga dan menutup jalan telinga sehingga timbul nyeri dan gatal.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa periksakan ke dokter THT untuk penanganan yang benar.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR