Pasangan yang Baru Nikah Jangan Lupa Intip Tips Ini

Pasangan yang Baru Nikah Jangan Lupa Intip Tips Ini

15
0
BAGIKAN

Ladies, selamat! Cincin lamaran sudah melingkar manis di jari manis Anda, dan bahkan ia juga sudah secara officially melamar Anda di hadapan orangtua Anda. Pernikahan impian Anda sudah ada di depan mata nih, pastinya Ladies merasa sangat excited, kan?

Tapi rasanya terlalu cepat deh untuk tenggelam di dalam rasa euforia pernikahan. Karena di saat Anda dan pasangan menjalin janji setia, maka secara otomatis kehidupan Anda menjadi di satu. Termasuk di dalamnya kehidupan finansial. Kebanyakan pernikahan kandas gara-gara tiap pasangan tak memiliki perencanaan  keuangan yang matang, sehingga akibatnya terperciklah pertengkaran-pertengkaran kecil gara-gara masalah uang. Don’t let it happen to you, Vems. Simak tips berikut yuk!

  • Mulai Membahas Tentang Topik Keuangan

We know it sounds boring, but listen up! Setelah Anda menikah nanti, segala hal yang berurusan dengan keuangan rumahtangga harus jadi tanggung jawab kedua belah pihak. Anda dan pasangan wajib tahu kondisi finansial yang dimiliki masing-masing pihak. Ini saatnya Anda perlu membongkar berapa jumlah akun rekening bank yang dimiliki, sekaligus hutang-hutang yang dimiliki. Pastinya tak ada satupun dari kita yang ingin memulai kehidupan pertama rumah tangga dengan cekcok perkara hutang. So, transparency is a must!

  • Rencanakan Goals

Kehidupan finansial yang baik pastinya tak lepas dari yang namanya financial goals. Dan itu juga wajib Anda diskusikan bersama calon suami. Dengan memiliki goals, kebiasaan menabung Anda pun bakal terasa jauh lebih mudah. Apakah kalian berencana untuk memiliki anak? atau di usia berapa Anda dan pasangan ingin pensiun dari pekerjaan Anda?

.3444 Pasangan yang Baru Nikah Jangan Lupa Intip Tips Ini (A)

  • Putuskan untuk Membuat Joint Account atau Akun Mandiri

Ada beberapa pasangan yang lebih prefer untuk membuka joint account, dengan alasan untuk mempermudah tracking pemasukan dan pengeluaran. Ditambah lagi baik Anda dan pasangan akan lebih kesulitan untuk menghambur-hamburkan uang.

Tapi di sisi yang lain, membuka akun mandiri juga memberikan keuntungan dan kebebasan buat tiap individu. Rekening mandiri juga memberi keamanan seandainya pasangan Anda membawa kabur uang tabungan. Diskusikan hal ini dengan pasangan dan pastikan Anda berdua sama-sama nyaman dengan hasil keputusan.

  • Adakan Meeting Mingguan

Untuk membuat financial planning berjalan lancar, ada baiknya untuk merapatkan hal tersebut dengan suami tiap minggu. Dari sana Anda bisa berdiskusi tentang budget bulan ini, biaya rumah tangga yang harus dikeluarkan, dan lain sebagainya. Rutinitas ini walau terdengar merepotkan bisa membantu Anda berdua agar lebih lancar dalam berkomunikasi dan kepercayaan terhadap pasangan pun akan meningkat.

Selamat menjalani kehidupan pernikahan yang membahagiakan, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR