Fakta Mengejutkan Tentang E-Cigarettes; Vapers Wajib Tahu

Fakta Mengejutkan Tentang E-Cigarettes; Vapers Wajib Tahu

14
0
BAGIKAN

Tren merokok melalui rokok tembakau sudah mulai bergeser ke alternatif yang KATANYA lebih aman, yaitu dengan menggunakan e-cigarettes. E-Cigarettes digembor-gemborkan sebagai rokok yang memiliki kandungan nikotin rendah, atau bahkan tanpa nikotin. E-Cigarettes juga dianggap mampu membantu melepas kecanduan merokok pada perokok aktif maupun akut. Makanya tak heran tren rokok uap ini jadi makin populer dan banyak digunakan baik oleh pria hingga wanita. But surprise, surprise! Ternyata rokok vape pun sebenarnya tak bebas dari resiko kesehatan lho.

Itu merupakan kesimpulan dari hasil studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Sekolah Kesehatan Umum Bloomberg di Johns Hopkins University. Para peneliti tersebut mengumpulkan 56 buah alat vape yang sudah lama digunakan oleh para peserta penelitian. Mereka penasaran tentang satu hal: “Apakah kumparan logam yang berfungsi untuk membantu proses penguapan cairan vapor berpotensi mengakibatkan kontaminasi zat logam?”. Berangkat dari hipotesis tersebut, para peneliti tersebut meneliti tiga elemen pendiri e-cigarettes yaitu cairan vapor, cairan yang berada di dalam tabung vape, dan aerosol.

.3433 Fakta Mengejutkan Tentang E-Cigarettes; Vapers Wajib Tahu (A)

Hasil penelitian ternyata membuktikan bahwa dugaan mereka tepat sasaran. Cairan E-Cig itu sendiri memang tidak mengandung zat kontaminan, tapi begitu melewati proses vaporisasi cairan tersebut mengandung zat chromium, nikel, dan timah. Nah, 3 senyawa kimia ini terkenal sebagai zat racun yang dapat membahayakan kesehatan jika sampai masuk ke dalam tubuh.

Chromium dan zat nikel diketahui merupakan biang kerok dari gangguan pernapasan dan kanker paru-paru, sedangkan timah dapat mengakibatkan gangguan kardiovaskular, seperti jantung hingga kerusakan syaraf. Tentunya semakin sering Anda terekspos dengan zat-zat ini, maka akan semakin besar pula resiko tubuh Anda terkena kerusakan permanen.

.3433 Fakta Mengejutkan Tentang E-Cigarettes; Vapers Wajib Tahu (B)

Bagaimana dengan beberapa studi yang sempat meng-klaim bahwa E-Cigarettes aman untuk digunakan, dan bahkan 95 persen lebih menyehatkan? Penelitian tersebut ternyata sudah lama dikritik oleh sebagian besar health researchers. Dr. Ana Maria Rule adalah salah seorang yang menyatakan ketidaksetujuannya terhadap hasil penelitian tersebut. Dr. Rule lebih jauh mengatakan bahwa jumlah emisi yang dihasilkan baik rokok tradisional maupun e-cigarettes kurang lebih sama. Jadi apakah E-Cigarettes memang benar-benar sehat? Well, think again!

Peneliti hasil studi ini lebih jauh menekankan, bahwa tujuan dari penelitian bukanlah untuk membanding-bandingkan antara rokok dengan e-cigarettes. Melainkan dengan adanya penelitian ini diharapkan bahwa Federasi Makanan dan Obat-Obatan (FDA) mempertimbangkan aturan ulang pendistribusian E-Cigarettes dengan berbagai macam resikonya terhadap kesehatan.

Punya pasangan atau teman-teman yang doyan vaping? Share artikel ini ke mereka yuk!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR