Oh No! Beruban di Usia Muda? Ternyata Ini Penyebabnya

Oh No! Beruban di Usia Muda? Ternyata Ini Penyebabnya

26
0
BAGIKAN

Satu hal yang pastinya membuat semua Ladies bergidik ngeri adalah ketika mereka menemukan satu, atau bahkan lebih dari satu helai rambut yang berwarna abu-abu atau putih. The plot twist? umur Anda masih tergolong sangat muda untuk mendapatkan uban pertama Anda. Rambut beruban sampai saat ini identik dengan orang yang sudah menginjak usia menopause, sehingga bisa dibayangkan betapa mindernya kita ketika rambut putih ini nongol, kan?

Rambut putih adalah dampak dari rambut yang kehilangan zat pigmen sehingga mengakibatkan warna hitam pada rambut jadi pudar atau bahkan menghilang. Dan ternyata penyebabnya ternyata tidak hanya satu. Apakah Ladies termasukke dalam jenis orang yang mulai beruban di usia 20-an? Hmmm, wajib curiga nih jangan-jangan ini penyebabnya.

  • Faktor Genetik

Satu hal yang paling menjengkelkan dari genetik adalah, kekurangan apapun yang dimiliki oleh gen seseorang, ia akan berpotensi menularkan kekurangan tersebut pada keturunannya. Salah satunya adalah munculnya rambut beruban di usia muda. Kalau rambut Anda banyak yang beruban di usia sekitar 20 hingga 30 tahun, Ladies wajib curiga karena bisa saja orangtua atau anggota keluarga lain sebelum Anda juga memiliki riwayat beruban di usia muda.

  • Faktor Stres

Celetukan “jangan terlalu sering marah, nanti cepat tua lho!” ternyata ada benarnya lho Vems. Marah adalah salah satu reaksi alami yang muncul saat Anda dilanda stres. Stres sesekali sih memang tidak ada masalah, tapi stres yang terlalu sering bisa mengakibatkan gangguan pada pembentukan sel batang rambut lho.

Alhasil, kesehatan rambut Anda pun jadi terganggu dan rambut Anda jadi semakin banyak yang berubah warna jadi putih. Kalau kehidupan Anda akhir-akhir ini stressful, berilah kesempatan agar tubuh Anda bisa beristirahat. Contohnya dengan melakukan yoga atau berekreasi.

.3435 Oh No! Beruban di Usia Muda- Ternyata Ini Penyebabnya (A)

  • Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel tubuh sehat, salah satunya bisa jadi sel-sel pada rambut Anda. Pengidap penyakit autoimun seperti alopecia dan vitiligo misalnya, bisa mengalami rambut beruban gara-gara sel kekebalan tubuh menyerang sel-sel rambut.

  • Merokok

Buat Vems yang masih susah pisah dari kebiasaan merokok, Vemine berikan alasan yang kuat deh untuk mulai berhenti merokok. Merokok bisa mengakibatkan rambut beruban lho. Kandungan nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya dapat memperkecil pembuluh darah, sehingga mengakibatkan aliran darah ke folikel rambut terhambat.

Selain itu, nikotin juga merusak folikel dan pigmen rambut sehingga mengakibatkan rambut jadi beruban. Dan lagipula, merokok bisa mengakibatkan dampak serius terhadap kesehatan, mulai dari penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker lidah dan tenggorokan, hingga mengakibatkan kemandulan. So, masih keukeuh ingin merokok?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR