Sikap Rendah Hati di Tempat Kerja Tak Baik Buat Karir Anda

Sikap Rendah Hati di Tempat Kerja Tak Baik Buat Karir Anda

2521
0
BAGIKAN

Kerendahan hati adalah salah satu sikap yang membuat kualitas seorang manusia jadi lebih baik. Bahkan di tempat kerja pun, orang dengan sikap yang rendah hati jauh lebih disukai dibandingkan dengan tipe boastful atau suka menyombongkan diri. Anda adalah tipe orang yang selalu berusaha melakukan pekerjaan Anda dengan sebaik mungkin, namun Anda selalu berusaha merendah dan menghindari spotlight. In a long run, sikap rendah hati dan sederhana ternyata bisa berdampak buruk pada perkembangan karir Anda lho.

  • Tidak Ada yang Menyadari Bakat Anda

Orang dengan sikap rendah hati akut biasanya tidak berusaha mencatat apalagi menunjukkan pencapaian dan prestasi yang ia cetak. Padahal rekanan prestasi tersebut sangat Anda butuhkan lho, apalagi kalau Anda sedang berusaha menaiki jenjang karir yang lebih tinggi.

Akibatnya Anda jadi tidak bisa menjelaskan prestasi-prestasi Anda tersebut kepada calon klien potensial, apalagi pada calon employer Anda. Mencatat dan menjelaskan tentang pencapaian kerja Anda selama ini bukan berarti bragging lho. Jadi jangan ragu-ragu untuk melakukannya.

  • Anda Bisa Berakhir dengan Setumpuk Tugas yang Bukan Jadi Tanggung Jawab Anda

Jika Ladies bekerja di perusahaan start-up, memiliki beberapa tanggung jawab tambahan di luar job description adalah hal yang bisa dimengerti. Lagipula, begitulah cara kerja perusahaan start-up. Beda lagi jika Anda bekerja di perusahaan besar dengan peranan dan tanggung jawab kerja yang sudah pasti. Jika Anda akhir-akhir ini sering menerima tanggung jawab Anda, Ladies berhak protes lho.

.3403 Sikap Rendah Hati di Tempat Kerja Tak Baik Buat Karir Anda (A)

Karena pekerjaan-pekerjaan tambahan tersebut hanya akan menghalangi Anda dari melakukan job descriptions yang seharusnya jadi tanggung jawab asli Anda. Kalau sudah begitu, Vems sendiri yang repot, kan? Jangan takut untuk mengingatkan manajer atau atasan Anda tentang skill set yang Anda miliki, dan bahwa pekerjaan-pekerjaan tambahan tersebut harus bisa dialokasikan dengan baik sehingga Anda tidak merasa overwhelmed. Kalau tidak begitu, akan banyak orang yang memanfaatkan kerendahan hati Anda lho.

  • Anda Terlihat Tidak Memiliki Kepercayaan Diri

Kebanyakan orang menunjukkan kerendahan hati dengan menolak pujian, biasanya dengan kata-kata “Ah, ini bukan apa-apa”, “ilmu saya masih sangat sedikit”, dan ungkapan lainnya. Tapi di dunia kerja, terus-terusan menolak pujian dan merendahkan diri sendiri membuat kesan yang cenderung negatif.

Bagi calon klien maupun atasan, Anda jadi terdengar tidak yakin terhadap kepercayaan diri. Dan siapa yang mau menerima orang yang bahkan tidak yakin pada kemampuan dirinya sendiri? No one. Jadi sebaiknya terimalah kata pujian tersebut. Tak ada ruginya kan?

Be humble, tapi jangan berlebihan. Ok, Ladies?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR