Hematidrosis, Kondisi Langka yang Bikin Berkeringat Darah

Hematidrosis, Kondisi Langka yang Bikin Berkeringat Darah

23
0
BAGIKAN

Dalam kitab Perjanjian Baru dituliskan bahwa Yesus mengeluarkan keringat darah beberapa saat sebelum beliau disalib. Dan bahkan, seniman Leonardo Da Vinci juga sempat mendeskripsikan seorang tentara yang berkeringat darah sesaat sebelum ia bertolak ke medan perang. Banyak dari kita yang menganggap kalau itu hanyalah bagian dari cerita atau merupakan majas metafora. Siapa yang menyangka kalau ternyata di kehidupan nyata berkeringat darah adalah fenomena yang benar-benar ada?

Kondisi kesehatan tersebut disebut dengan hematidrosis. Hematidrosis adalah satu kondisi kesehatan yang bersumber dari robeknya pembuluh darah kapiler pada kalenjar keringat sehingga mengakibatkan adanya darah pada keringat Anda. Dan karena kondisi ini sangatlah langka, sampai sekarang para ahli medis masih belum tahu secara pasti hal apa yang memicu terjadinya hematidrosis.

Namun mereka punya satu petunjuk, yaitu bisa jadi hematidrosis disebabkan akibat faktor psikologis. Menurut hasil penelitian yang diperoleh saat ini, hematidrosis biasanya terjadi ketika orang tersebut dalam keadaan stres berat atau dalam kondisi terancam nyawanya. Saat kita merasakan tekanan stres, tubuh secara otomatis langsung flip its switch menjadi fight-or-flight mode.

.3376 Hematidrosis, Kondisi Langka yang Bikin Berkeringat Darah (A)

Hormon stres seperti kortisol dan adrenalin akan meningkat dengan tajam, tekanan darah juga menjadi lebih tinggi untuk memberikan energi yang cukup untuk Anda agar bisa melawan ancaman apapun yang ada di depan Anda, ataupun melarikan diri dari kondisi yang mengancam tersebut. Nah! pada kasus stres yang ekstrim, sangatlah memungkinkan terjadinya pembuluh darah kapiler yang tersambung dengan kalenjar keringat.

Jadilah kondisi kesehatan tersebut memicu keluarnya keringat yang bercampur dengan darah yang keluar dari beberapa bagian tubuh. Masuk akal lah jika Anda menggabungkan fakta ilmu kesehatan ini dengan fenomena yang terjadi pada Yesus maupun pada tentara di dalam literatur karangan Da Vinci.

Tidak hanya dalam bentuk keringat darah, Hematidrosis juga bisa muncul dalam bentuk mimisan, keluarnya air mata yang bercampur dengan darah, atau pendarahan yang keluar dari dalam vagina yang seringkali disalahpahami sebagai siklus menstruasi yang sudah tiba.

Pertanyaannya, apakah Hematidrosis berbahaya? Untungnya, penderita Hematidrosis umumnya mengeluarkan keringat darah dalam skala yang kecil. Sehingga Ladies tak perlu khawatir bahwa Anda akan meninggal dunia akibat kehabisan darah. Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan kadar darah, jumlah platelet di dalam darah, sekaligus melakukan pengecekan kesehatan lain untuk mengetahui apakah seseorang tersebut mengidap kelainan darah.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan hasil negatif akan adanya kelainan atau penyakit organ dalam, maka dokter biasanya akan memberikan solusi untuk membantu Anda mengontrol rasa stres sehingga Hematidrosis tidak kembali terulang.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR