Kontroversi di Balik Breast Self-Exam untuk Cegah Kanker

Kontroversi di Balik Breast Self-Exam untuk Cegah Kanker

18
0
BAGIKAN

Hayo Vems, kapankah Anda terakhir kali melakukan breast self-exam (BSE) atau pemeriksaan payudara secara mandiri? BSE adalah salah satu metode pendeteksian dini kanker payudara yang paling sering direkomendasikan oleh banyak lembaga yang mengusung awareness terhadap kanker payudara.

Karena as you know, kanker payudara sudah lama jadi salah satu jenis penyakit yang merenggut nyawa jutaan perempuan tiap tahunnya. BSE dinilai sebagai salah satu tahap preventif yang memungkinkan kita untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini sehingga kanker payudara yang diderita tidak sampai di tahap fatal. Setelah lebih dari 70 tahun praktek ini dilakukan, ada kabar bahwa BSE sudah tidak perlu lagi dilakukan. Apa yang terjadi?

Dr. Robert Smith, Ph.D. selaku vice president dari organisasi American Cancer Society menjelaskan bahwa BSE sudah bukan lagi metode pemeriksaan kanker payudara yang akurat, dan bahwa sudah saatnya metode tersebut diganti dengan metode mammography.

Beliau lebih lanjut menyatakan bahwa pendeteksian kanker payudara dengan pemeriksaan mandiri sudah tidak lagi reliable karena banyak perempuan yang kemungkinan besar tidak melakukan BSE secara rutin, atau bahkan sama sekali tidak melakukannya. Bahkan ada kalanya pemeriksaan ini memberikan hasil false positive, yaitu ketika perempuan tersebut salah mengenali benjolan non-invasive sebagai benjolan kanker.

.3356 Kontroversi di Balik Breast Self-Exam untuk Cegah Kanker (A)

Sedangkan dengan menggunakan mammography, kanker payudara bisa dideteksi dengan lebih mudah bahkan sebelum benjolan tumor dapat teraba. Menurut founder dari Breastcancer.org yaitu Dr. Marisa C. Weiss, M.D., benjolan yang ditemukan dari hasil BSE cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan yang ditemukan melalui mammography. Yang artinya, tumor kanker tersebut sudah cukup besar sehingga berpotensi mengakibatkan bahaya yang lebih besar.

Tapi di sisi lain, Dr. Weiss mengatakan bahwa BSE tetap diperlukan untuk membantu mencegah kanker payudara terutama jika Ladies belum sempat melakukakan tes mammogram. BSE adalah metode yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Terlepas dari keraguan akan akurasinya, setiap perempuan dianjurkan untuk mengenali payudaranya sendiri dan segera memeriksakan diri seandainya mereka menemukan perubahan tak wajar pada payudara mereka.

Jadi apa dong cara terbaik untuk meningkatkan awareness terhadap kanker payudara di kalangan masyarakat awam? Bukan berarti BSE dilarang atau sudah tidak lagi akurat sehingga bisa ditinggalkan, Vems. Anda bebas melakukan atau tidak melakukan BSE, tapi yang paling penting Vems wajib benar-benar familiar dengan tubuh Anda sendiri. Sehingga begitu ada perubahan payudara sekecil apapun, Anda jadi bisa lebih tanggap.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR