Haram Hukumnya Berbelanja di Waktu-Waktu Ini

Haram Hukumnya Berbelanja di Waktu-Waktu Ini

2386
0
BAGIKAN
Teenage girl (14-15) with wallet

For most, berbelanja adalah cara untuk mendapatkan berbagai macam kebutuhan hidup. Sedangkan buat beberapa dari kita, shopping juga berarti rekreasi. Apalagi setelah Anda menerima gaji bulan ini, pastinya Anda menganggarkan sejumlah uang buat berbelanja pakaian, makeup, atau tas brand terbaru. Kartu kredit mencapai limit sudah jadi lagu lama yang sering terjadi.

Mungkin itu tandanya Ladies mulai harus mengontrol diri? Kapan saatnya Anda harus lebih berhati-hati dalam berbelanja?

  • Saat Anda Mengecek Email

Buat Anda yang punya hobi berbelanja online, pasti sering mendapatkan tawaran diskon dari retailers langganan Anda jika Anda memberikan alamat email Anda pada mereka. Siapa sih yang tidak suka diskon? Apalagi itu berarti Anda bisa mendapatkan produk incaran Anda dengan harga yang lumayan murah.

Nah masalahnya, dengan subscribing online shop tersebut, mereka bakal memborbardir Anda dengan berbagai macam iklan penawaran dengan heading menggoda seperti “Terbatas Untuk Hari Ini Saja! Diskon 50% untuk semua produk!”. Alhasil jadilah Anda dengan membabi buta memasukkan berbagai macam produk ke dalam shopping cart Anda.

That’s how the psychology works anyway. Para penjual tersebut memanfaatkan kata-kata seperti “limited” untuk menciptakan sense of urgency. Dan seringkali banyak dari kita yang jatuh ke dalam perangkap mereka.

.3332 Haram Hukumnya Berbelanja di Waktu (A)

  • Saat Anda Baru Saja Mengalami Bad Day

Sama seperti binge-eating, shopping sering dijadikan pelarian saat kita merasa stres. Shopping memang bisa membantu kita paling tidak merasa sedikit happy setelah Anda menjalani hari yang berat dan stressful di kantor. Tapi, di saat yang sama kita tidak dapat mengontrol diri sendiri sehingga kita membeli terlalu banyak barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Ujung-ujungnya nanti justru Anda dihantui rasa bersalah lho.

  • Saat Anda Tengah di Bawah Pengaruh Alkohol

Menurut survey yang dilakukan oleh A Finder.com menunjukkan bahwa hampir separuh penduduk Amerika Serikat lebih gampang berbelanja dengan spontan saat mereka berada di bawah pengaruh alkohol. Terutama bagi mereka yang hampir setiap minggu tak pernah luput menenggak minuman alkohol atau menghisap marijuana.

Saat Anda dalam keadaan setengah sadar, akan sangat susah mengontrol diri sendiri, apalagi saat sedang seru-seruan bersama teman-teman Anda di bar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan pernah meletakkan informasi kartu kredit pada smartphone Anda. Dan juga, sembunyikan kartu kredit ketika Ladies berencana untuk pergi minum-minum bersama teman-teman Anda.

Dan ketika Anda merasakan dorongan buat belanja dengan kompulsif, tanyakan hal ini pada diri Anda sendiri, “Apa aku sangat membutuhkan barang ini?”. Semoga berhasil!

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR