3 Kuliner Legendaris Solo and Where to Find Them

3 Kuliner Legendaris Solo and Where to Find Them

22
0
BAGIKAN

Solo sudah lama jadi salah satu destinasi wisata favorit yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang bertetangga dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini punya banyak banget tempat wisata yang tak akan cukup habis dikunjungi dalam waktu sehari. Apalagi dengan keadaan perut yang keroncongan. Dan yang namanya berwisata di kota lain, wajib hukumnya untuk mencicipi berbagai macam kuliner lokal. Di Solo ada banyak banget tempat makan yang menyediakan berbagai macam makanan yang siap memanjakan lidah dan mengenyangkan perut Anda.

Tapi untuk membuat liburan Ladies lebih berkesan, Vemine saranin untuk mencicipi jenis kuliner legendaris di tempat kuliner yang juga melegenda di tanah Solo. Dimana Anda bisa menemukan mereka? Simak terus ulasan ini.

.3333 Kuliner Legendaris Solo and Where to Find Them (A)

  • Timlo Solo – Timlo Sastro

Berkunjung ke Solo tak lengkap dong jika Anda belum mencicipi kuliner timlo. Timlo adalah hidangan mie soun kuah yang dilengkapi dengan daging ayam, telur pindang, sosis solo, ati ampela, dan kentang. Agar makin nikmat, biasanya timlo disajikan dengan hidangan pelengkap kerupuk kulit dan dimakan dengan sepiring nasi putih hangat. Yum!

Salah satu warung yang menyajikan timlo yang paling enak adalah Timlo Sastro, yang terletak di belakang area Pasar Gede Timur. Timlo Sastro ini sudah berdiri semenjak tahun 1952 lho. Bahkan hingga saat ini rumah makan ini selalu dibanjiri oleh pengunjung yang ingin menyantap timlo untuk sarapan maupun makan siang. Tertarik mencoba?

.3333 Kuliner Legendaris Solo and Where to Find Them (B)

  • Serabi – Serabi Notosuman

Nah jajanan Serabi Notosuman ini adalah spot kuliner sekaligus oleh-oleh yang paling sering didatangi para wisatawan. Berdiri sejak tahun 1923, sentra kuliner oleh-oleh ini menyajikan  serabi solo yang terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan santan.

Adonan tersebut kemudian digoreng di atas cetakan arang. Rasa serabi yang lembut dengan wangi yang menggoda membuat Serabi Notosuman digemari dan menjadi salah satu ikon oleh-oleh kota Solo.

.3333 Kuliner Legendaris Solo and Where to Find Them (C)

  • Gudeg Ceker – Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg biasanya identik dengan gudeg nangka bercita rasa manis khas Yogyakarta. Tapi Solo juga punya sajian gudeg-nya sendiri yang khas lho. Warung gudeg ceker Bu Kasno bisa dibilang sangat sederhana, tapi tak pernah sepi oleh pemburu kuliner tengah malam lho.

Dibandingkan dengan gudeg Jogja, gudeg ceker Solo memiliki cita rasa yang asin dan gurih. Warung makan yang sudah ada sejak tahun 1970 ini buka di jam 1 dini hari hingga jam 4 dini hari. Jadi kalau Anda ingin mencicipi lezatnya kuliner legendaris ini, siaplah untuk ngalong dan meluncur ke Jl. Monginsidi!

Jangan lupa juga untuk berburu oleh-oleh kuliner khas Solo untuk keluarga dan teman-teman di rumah ya, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR