3 Dampak Mengerikan Pemakaian Kontak Lens yang Terlalu Lama

3 Dampak Mengerikan Pemakaian Kontak Lens yang Terlalu Lama

8
0
BAGIKAN

Vems, apakah Anda termasuk pengguna setia lensa kontak? Bisa dibilang sekarang lensa kontak sudah jadi salah satu fashion item yang paling populer di kalangan penggemar fashion, baik itu remaja maupun orang dewasa. Ditambah lagi sekarang semakin banyak pilihan warna soft lenses yang bikin kita gemas ingin mencoba. Lensa kontak literally menjadi perwujudan mimpi kita yang ingin melihat perubahan penampilan hanya dengan mengganti warna iris mata saja.

Dan tidak seperti kacamata, lensa kontak sangat praktis karena Anda tak akan merasakannya sama sekali. Sehingga seringkali Anda lupa dan langsung tidur dalam keadaan lensa kontak masih menempel di kornea mata Anda. Dan ternyata Vems, it’s absolutely not okay!

Ladies tahu kenapa banyak dokter mata menyarankan Anda mengenakan lensa kontak dengan batas waktu tak lebih dari 8 jam sehari? Alasannya ternyata adalah karena pengenaan contact lenses lebih dari itu bisa merusak daya penglihatan Anda. Dibandingkan dengan organ tubuh kita yang lain, mata mendapatkan pasokan oksigen bukan melalui pembuluh darah melainkan langsung dari udara dan air mata. Lensa kontak yang Anda kenakan berperan sebagai barrier yang mencegah kornea dari mendapatkan oksigen yang dibutuhkan.

.3334 Dampak Mengerikan Pemakaian Kontak Lens yang Terlalu Lama (A)

Akibatnya kornea mata jadi terasa kering dan gatal gara-gara kurangnya pasokan oksigen yang dibutuhkan. Dalam kasus yang langka, mata bisa jadi membentuk pembuluh darah yang lama-kelamaan bisa mengakibatkan kornea berubah warna menjadi buram dan mengakibatkan satu kondisi kesehatan yang disebut dengan corneal neovascularisation.

Bagian yang berbahaya? Kecuali Anda rajin melakukan check-up, you’ll never see it coming. Dampak yang ditimbulkan dari corneal neovascularisation ini bisa jadi baru muncul setelah bertahun-tahun, dan kadang-kadang sudah terlambat untuk mengobatinya.

Selain corneal neovascularisation, Ladies juga terancam terkena Blepharitis. Penyakit ini diakibatkan oleh iritasi pada kornea yang kemudian mengakibatkan bagian putih dari mata (sklera) berubah menjadi merah. Semakin sering Anda mengenakan lensa kontak non-stop, semakin besar pula resiko Anda terserang penyakit satu ini.

Dan jangan lupa juga soal potensi munculnya infeksi mata akut yaitu keratitis. Keratitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang bisa jadi menempel di lensa kontak yang kemudian memiliki akses bebas untuk menginfeksi mata Anda. Unattended, keratitis bisa mengakibatkan kebutaan. Dan kita tahu tak ada satupun dari kita yang menginginkan itu, kan?

Mengenakan lensa kontak memang boleh-boleh saja, Vems. Bahkan sekarang sudah diciptakan jenis lensa kontak dengan bahan yang memungkinkan sirkulasi udara di mata. Tapi, tetap saja Ladies harus tetap berhati-hati saat mengenakan lensa kontak dengan menjaga kebersihan dan melepaskan lensa kontak sebelum lewat 8 jam. Karena seperti kata pepatah, better be safe than sorry, kan?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR