Wow, Syaraf Terjepit Bisa Diatasi dengan Laser Treatment

Wow, Syaraf Terjepit Bisa Diatasi dengan Laser Treatment

5
0
BAGIKAN

Nyeri pinggang akibat syaraf terjepit (Herniated Nucleus Pulposus) adalah jenis penyakit syaraf yang cukup umum dialami oleh masyarakat. Penyebab HND bermacam-macam, Vems. Seseorang yang berusia 30-50 tahun memiliki resiko terkena syaraf terjepit yang lebih tinggi dibandingkan usia di bawahnya. Menurut data kesehatan kebanyakan penderita syaraf terjepit adalah laki-laki dibandingkan perempuan, dengan perbandingan 2:1.

Nah baru-baru ini, tenaga ahli kesehatan menemukan fakta menarik bahwa teknologi laser bisa digunakan buat mengatasi masalah syaraf terjepit. Pengobatan laser memang sudah mulai marak dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari treatment untuk menyembuhkan jamur kaki, lasik mata, hingga pengobatan untuk penderita kanker. Dan kali ini teknologi laser digunakan untuk menyembuhkan syaraf terjepit. Treatment ini disebut juga dengan Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD) atau laser disektomi.

How does this thing actually work? Pertama-tama pasien akan diberikan bius lokal dengan menggunakan teknologi computed tomographic (CT) serta panduan fluoroskopi. Setelah itu, dokter bedah memasukkan jarum berukuran 1 mm ke dalam bantalan sendi yang membengkak dan terjepit. Setelah itu, serat laser optik dimasukkan melalui lubang jarum tersebut. Cahaya laser tersebut kemudian akan membakar inti dari bantalan syaraf tersebut hingga ukuran bantalan syaraf kembali ke ukuran semula.

.3323 Wow, Syaraf Terjepit Bisa Diatasi dengan Treatment Laser (A)

Secara otomatis, keluhan Anda pun akan berkurang sedikit demi sedikit hingga hilang sama sekali. Prosedur operasi laser ini juga terbilang sangat aman dibandingkan dengan metode terapi yang lain. Anda tidak perlu berurusan dengan nyeri pasca terapi, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih hemat. Jadi sama sekali tak mengejutkan kalau prosedur pengobatan ini jadi metode yang digunakan di banyak negara, dengan jumlah pasien mencapai lebih dari 80.000 orang. Ini termasuk di Indonesia, lho!

Sedangkan jika dilihat dari tingkat efektivitas, metode PLDD ini cukup efektif lho. Dari berbagai macam penelitian kesehatan, diambil kesimpulan bahwa teknologi laser disektomi ini bisa mengatasi masalah syaraf terjepit sekitar 78-85 persen, dengan efek yang bisa dirasakan sekitar 17-26 bulan pasca tindakan tersebut diambil. Bisa jadi diperlukan beberapa sesi operasi laser hingga Anda bisa benar-benar terbebas dari nyeri akibat syaraf terjepit.

Tapi bagaimanapun juga, tetaplah mencegah lebih baik dari mengobati. Sebisa mungkin hindari yuk gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok atau pola makan tak terkontrol yang kemudian mengakibatkan obesitas. Kebiasaan mengangkat barang-barang berat dengan posisi yang salah juga bisa lho mengakibatkan syaraf terjepit. Jadi, hati-hati saja ya Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR