Raih Kepercayaan Rekan Kerja dengan 4 Sikap Ini

Raih Kepercayaan Rekan Kerja dengan 4 Sikap Ini

55
0
BAGIKAN

Rasa percaya ternyata tak hanya penting di dalam hubungan antara pasangan saja lho. Dalam hubungan relasi kerja, membangun kepercayaan juga penting banget. Apalagi jika Ladies berencana untuk meniti jenjang karier yang lebih tinggi. Dan malah, kalau bisa rasa percaya tersebut sudah Anda bangun sejak Anda pertama kali masuk ke dalam perusahaan tempat Anda bekerja.

Di awal Anda masuk, Ladies harus bisa mendapatkan kepercayaan dari kolega kerja dan atasan Anda. Dan begitu Anda sudah menduduki posisi manajer, kini giliran Anda yang harus bisa mendapatkan kepercayaan dari pegawai bawahan Anda. Why? Karena tim yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap manajer atau pimpinannya akan lebih solid dalam bekerja sama meraih target. Nah, kriteria sikap seperti apa sih yang harus ditunjukkan seorang pemimpin agar bisa dipercaya?

  • Practice What You Preach

Memberikan kata motivasi yang berapi-api memang sangat gampang, Vems. Tapi bukan untaian kata manis yang bisa meraih kepercayaan pegawai Anda. Ketika Anda meletakkan ekspektasi kepada tim Anda, Ladies juga wajib mempraktekkan hal yang sama pada diri Anda sendiri. Anda tak bisa memotivasi bawahan Anda untuk bekerja lebih keras ketika Anda sendiri suka bekerja asal-asalan. So, walk the talk.

  • Berani Mengakui Kesalahan atau Keterbatasan

Kita sering terjebak image bahwa seorang manajer haruslah tahu segalanya. Padahal, bahkan manajer yang paling piawai pun pasti punya titik kelemahan. Dan sayangnya banyak manajer yang memutuskan untuk tetap berlagak seperti seorang knows-it-all karena mereka khawatir ketidaktahuan mereka bakal membuat rasa hormat dan segan anak buahnya berkurang.

.3324 Raih Kepercayaan Bawahan Kerja dengan Sikap Ini (A)

That might not be the case, though. Justru dengan mengakui bahwa Anda bisa berbuat kesalahan dan memiliki keterbatasan ilmu akan membuat tim Anda lebih menghargai Anda. Karena afterall, sebuah tim seharusnya membangun dan supporting satu sama lain. Tak ada salahnya lho membiarkan mereka untuk melakukan project dengan cara mereka sendiri. Namun pastikan bahwa Anda akan selalu ada di belakang mereka ketika terjadi hal yang di luar dugaan.

  • Menunjukkan Sikap Transparansi

Biasanya ketika terjadi layoff dalam jumlah yang besar, para pegawai dihinggapi dengan rasa cemas karena mereka tak tahu apa yang sedang terjadi. Di saat itulah Vems perlu menyampaikan informasi yang perlu mereka ketahui. Jangan mencoba merahasiakan hal tersebut karena pegawai Anda sangat peka lho.

  • Jadi Pendengar yang Baik

Seorang leader yang bisa dipercaya tidak harus jadi orang yang selalu berbicara lho. Ada kalanya diam dan mendengarkan akan sangat membantu Anda buat memancing ide fresh dari underlings Anda. Cobalah menjadi pendengar yang baik dengan menyimak serta benar-benar mempertimbangkan segala usulan atau unek-unek yang disampaikan pegawai. Pegawai Anda akan more likely percaya pada Anda ketika hak bicara mereka dihormati.

Selamat berjuang, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR