Ketiak Sering Gatal, Kenapa Ya?

Ketiak Sering Gatal, Kenapa Ya?

27
0
BAGIKAN

Satu hal yang paling gak banget untuk dilakukan di hadapan umum adalah menggaruk badan Anda, terutama bagian ketiak. Saat ketiak Anda terasa gatal memang rasanya sangat tidak nyaman ya, Vems? Menggaruknya ketika Anda sedang hangout di tempat-tempat umum bagaikan unspoken taboo yang diamini oleh semua orang. Alasannya ketiak yang gatal sering banget diasosiasikan dengan kebiasaan mandi yang kurang bersih atau malas mandi sama sekali. Jorok kan?

Dan anggapan itu memang ada benarnya lho, Vems. Ketiak yang gatal bisa jadi disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang tumbuh di area lipitan ketiak. Bakteri tersebut kemudian mengakibatkan iritasi yang membuat sensasi gatal tersebut muncul. Belum lagi ditambah dengan baunya yang menyengat dan tidak sedap. Ewww, gross! Dan ternyata selain karena kebiasaan mandi yang kurang bersih, ketiak yang sering gatal juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain lho. Apa saja?

  • Pengaruh Deterjen

Sudah mandi super bersih tapi ternyata masih gatal juga? Bisa saja itu disebabkan oleh kontak kulit dengan deterjen lho. Kulit area ketiak memang tergolong sangat sensitif. Dan bisa jadi gatal-gatal itu disebabkan gara-gara kontak kulit ketiak dengan zat kimia deterjen yang bersifat irritant. Solusinya, coba deh ganti deterjen Anda dengan brand deterjen lain dengan kandungan zat kimia yang lebih ‘jinak’

  • Mencukur Bulu Ketiak Terlalu Sering

Walaupun bulu ketiak yang terlalu lebat bisa jadi lahan subur buat bakteri penyebab gatal-gatal tumbuh, shaving yang keseringan juga bisa membuat ketiak Anda gatal lho. Gatal-gatal itu disebabkan oleh folikel bulu ketiak yang tumbuh di bawah permukaan kulit sehingga mengakibatkan timbulnya benjolan. Benjolan ini terasa sakit dan seringkali juga gatal. Karena ada potensi terjadinya infeksi, treat it with care ya Vems.

.3312 Ketiak Sering Gatal, Kenapa Ya- (A)

  • Intertrigo

Intertrigo adalah health condition yang mengakibatkan  munculnya ruam-ruam gatal di area lipitan kulit, salah satunya di area ketiak. Tidak hanya gatal-gatal, kulit Anda juga bisa menjadi kering dan pecah-pecah dan bahkan menguarkan bau yang tidak sedap lho. Intertrigo harus segera ditanggulangi untuk mencegah adanya infeksi bakteri atau jamur yang pastinya bakal memperparah kondisi Anda. Intertrigo bisa muncul jika Anda mengidap diabetes, obesitas, atau tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik.

  • Mengenakan Deodorant

Well, surprise! Pastinya banyak dari Anda yang menggunakan deodorant untuk membantu agar ketiak Anda tetap beraroma segar dan mencegah keringat. In a sense, memang deodorant membantu mencegah keringat dengan menyumbat pori-pori kulit Anda. Nah masalahnya, minyak keringat yang terjebak tersebut kemudian mengakibatkan kulit menjadi teriritasi dan gatal-gatal. Daripada pakai deodorant, lebih baik basahi ketiak dengan air bersih dan keringkan dengan baik setelah Anda beraktivitas yang menguras keringat.

Yuk lebih ketat jaga kebersihan tubuh buat cegah ketiak gatal.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR