Myelofibrosis, Sebabkan Wafatnya Istri Said ‘Bajuri’

Myelofibrosis, Sebabkan Wafatnya Istri Said ‘Bajuri’

14
0
BAGIKAN

Komedian Indonesia Saleh Ali Bawazier atau yang lebih dikenal dengan julukan Said ‘Bajuri’ dirundung duka yang mendalam. Pada hari Minggu tanggal 28 Januari 2018, ia harus mengikhlaskan kepergian istrinya, Alyah yang meninggal dunia akibat penyakit Myelofibrosis. Banyak dari Anda mungkin hampir tidak pernah mendengar penyakit sumsum tulang belakang ini, karena memang penyakit Myelofibrosis ini adalah jenis penyakit yang sangat langka. Sebenarnya penyakit seperti apakah Myelofibrosis, dan juga seberapa fatal dampaknya terhadap kesehatan kita?

Myelofibrosis termasuk ke dalam salah satu jenis leukemia atau kanker darah yang menyerang sumsum tulang belakang. Penyebab dari penyakit ini adalah perkembangan sel darah yang abnormal dan semakin meluas sehingga mengakibatkan gangguan produksi sel darah merah, sel darah putih, dan platelet.

                                                                                .3281 Myelofibrosis, Sebabkan Wafatnya Istri Said ‘Bajuri’ (B)

Sejauh ini para health experts belum tahu secara jelas hal-hal apa saja yang memicu perkembangan abnormal tersebut. Hanya saja, ada kecurigaan bahwa faktor genetik-lah yang menjadi faktor pemicu utama. Faktor paparan zat kimia seperti toluene dan benzene, serta kontak dengan radiasi berskala tinggi juga bisa meningkatkan resiko seseorang terkena Myelofibrosis.

Bagaikan silent killer, Myelofibrosis tidak menunjukkan gejala-gejala awal sehingga di tahap awal hampir semua penderita tidak pernah menunjukkan gejala. Gejala baru muncul begitu jumlah sel darah yang rusak sangat banyak sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh. Gejala Myelofibrosis meliputi:

  • Penderita menunjukkan gejala khas anemia seperti mudah merasa lelah, lemas, serta sesak napas
  • Rasa sakit di bagian bawah tulang rusuk sebelah kiri yang diakibatkan oleh pembengkakan organ limpa
  • Kulit penderita jadi lebih mudah terluka dan berdarah
  • Penderita sering mengeluarkan keringat dingin berlebihan saat malam
  • Demam
  • Nyeri tulang

.3281 Myelofibrosis, Sebabkan Wafatnya Istri Said ‘Bajuri’ (A)

Kebanyakan penderita Myelofibrosis tidak meninggal dunia gara-gara penyakit tersebut, karena ada cukup banyak penderita yang bisa hidup berdampingan dengan penyakit yang diidapnya tersebut tanpa menunjukkan gejala selama bertahun-tahun. Hanya saja, ada kemungkinan Myelofibrosis mengakibatkan berbagai macam komplikasi dan tak jarang komplikasi tersebut bersifat fatal. Antara lain:

  • Pendarahan di area perut dan esofagus. Pendarahan tersebut sebenarnya adalah efek berantai dari organ limpa yang membengkak, sehingga mengakibatkan peningkatan aliran darah di area sirkulasi portal di daerah perut.
  • Ada juga kemungkinan Myelofibrosis tersebut berubah menjadi bentuk leukemia atau kanker darah akut.
  • Terbentuknya tumor di beberapa area tubuh sehingga mengakibatkan pendarahan di sistem pencernaan, tertekannya sistem syaraf hingga mengakibatkan kejang-kejang.

Terdengar sangat mengerikan? Tapi jika Anda menderita Myelofibrosis, janganlah putus harapan! Karena saat ini ada banyak sekali metode pengobatan yang ditujukan untuk penderita Myelofibrosis. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan jenis treatment yang tepat buat Ladies.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR